Penelitian ini dilatarbelakangi pesatnya perkembangan teknologi smartphone yang menjadi permintaan mahasiswa sebagai konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam mempermudah jalannya aktivitas. Fenomena ini merupakan peluang bisnis untuk perusahaan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap terhadap keputusan pembelian smartphone bersistem operasi Android pada mahasiswa di Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, Bandung. Mahasiswa adalah salah satu segmen pasar dari smartphone bersistem operasi Android. Mahasiswa butuh smartphone untuk memenuhi kebutuhan dan yakin bahwa smartphone yang dipilih tepat untuk pemenuhan tersebut. Dengan kondisi ini, perusahaan dituntut untuk memahami proses keputusan pembelian konsumen secara penuh.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang menggunakan analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini menggunakan 384 responden sebagai sampel penelitian yang ditarik berdasarkan insidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University, Bandung.
Pengujian secara analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone bersistem operasi Android di Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University.
Pengujian hipotesis secara simultan melalui uji F menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen mempunyai pengaruh signifikan. Sedangkan secara parsial, variabel pembelajaran mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian smartphone bersistem operasi Android di Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, Bandung. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh angka 0,383 menunjukkan bahwa Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap memberikan pengaruh sebesar 38,3% terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap, dan Keputusan Pembelian.