Dewasa ini, konsep CSR berkaitan erat dengan keberlangsungan perusahaan. Menurut konsep CSR, sebuah perusahaan dalam melaksanakan aktivitas dan pengambilan keputusan tidak hanya berdasarkan faktor keuangan dan keuntungan semata melainkan juga berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Secara teori, CSR dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham, strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam jangka panjang, serta sebagai media pemasaran. Selain itu, perusahaan yang melaksanakan CSR dengan baik juga dapat mengurangi biaya penyesuaian yang dikeluarkan apabila perusahaan dinilai merugikan masyarakat maupun lingkungan ketika beroperasi.
Sebagai salah satu bentuk aktivitas perusahaan, maka setiap kegiatan CSR perlu diungkapkan kepada pemegang saham. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pengungkapan CSR dapat mempengaruhi financial performance khususnya ROA perusahaan-perusahaan yang berasal dari industri yang bertumbuh tinggi saat ini, yakni industri telekomunikasi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel terhadap lima perusahaan telekomunikasi dengan CSR Disclosure sebagai variabel independen, Return on Assets sebagai variabel dependen dan dua variabel kontrol yakni Leverage dan Company Size. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari CSR Disclosure terhadap Return on Assets. Di sisi lain, hanya variabel kontrol Company Size yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Assets.
Kata Kunci: CSR, CSR Disclosure, Return on Assets, Leverage, Company Size