Indonesian CSR Award 2011 merupakan suatu bentuk penghargaan yang diberikan kepada perusahaan, CEO dan Manajer yang telah melaksanakan program CSR dengan baik. Pihak penyelenggara event tiga tahunan ini terdiri dari tiga lembaga, yaitu Majalah SWA, Corporate Forum for Community Development (CFCD), dan Mark Plus & Co yang bekerja sama dengan Kementrian Sosial RI. Indonesian CSR Award 2011 merupakan event ketiga setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2005 dan 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap adanya pengumuman Indonesian CSR Award 2011. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Abnormal Return. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif komparatif dimana penelitian ini membandingkan Abnormal Return sebelum dan sesudah diselenggarakannya Indonesian CSR Award 2011 pada perusahaan peraih penghargaan yang terdaftar di BEI. Periode pengamatan dilakukan selama 14 hari bursa, yaitu 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah Indonesian CSR Award 2011. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah harga saham harian (closing price) selama periode pengamatan, data IHSG, beta sekuritas (?), serta tingkat Suku Bunga bank selama periode pengamatan pada perusahaan peraih penghargaan Indonesian CSR Award 2011. Seluruh Data dikalkulasikan dengan metode CAPM dan Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi ?=5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata Abnormal Return sebelum dan sesudah event Indonesian CSR Award 2011 pada perusahaan peraih penghargaan Indonesian CSR Award 2011 yang terdaftar di BEI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perbandingan Abnormal Return Sebelum dan sesudah Indonesian CSR Award 2011 berbeda secara signifikan sebesar 0,043. sehingga mempengaruh investor bereaksi setelah Indonesian CSR Award 2011 tersebut.
Kata Kunci : Harga Saham, IHSG, Beta, Suku bunga, CAPM, Investasi.