Mandiri Mobile adalah aplikasi layanan mobile banking dari Bank Mandiri yang terdapat pada smartphone Blackberry, Android, dan iPhone dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Mandiri Mobile dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembayaran, pembelian, transaksi non finansial seperti cek saldo, cek histori transaksi, informasi lokasi cabang atau ATM, informasi kurs dan fitur-fitur lainnya. Mandiri Mobile merupakan suatu produk jasa yang menggunakan handset telepon selular atau komputer tablet dengan teknologi GSM/CDMA. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena jumlah nasabah pengguna mobile banking di Bank Mandiri masih terbilang sedikit di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan di kota Bandung karena berdasarkan hasil penelitian MARS Indonesia, kepemilikan akun mobile banking di kota Bandung berada pada urutan terbawah dibandingkan dengan Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas Mandiri Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri di kota Bandung tahun 2014.
Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pengguna Mandiri Mobile pada Bank Mandiri di kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 385 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan sampling kuota. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa sistem operasi yang paling banyak digunakan smartphone adalah Android. Kemudian operator selular yang paling banyak digunakan adalah Telkomsel. Jenis kelamin yang paling banyak menggunakan Mandiri Mobile adalah pria. Usia yang paling banyak menggunakan Mandiri Mobile berkisar antara 17 sampai dengan 24 tahun. Pekerjaan yang paling banyak menggunakan Mandiri Mobile adalah karyawan. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa empat variabel bebas yaitu X1, X3, X4, X5 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna Mandiri Mobile di kota Bandung, namun satu variabel bebas yaitu X2 tidak berpengaruh signifikan. Variabel yang mempunyai pengaruh paling besar adalah variabel X5.
Kesimpulan penelitian adalah kualitas Mandiri Mobile pada Bank Mandiri di kota Bandung secara keseluruhan berada pada kategori baik. Kemudian kepuasan nasabah Bank Mandiri di kota Bandung sebagai pengguna Mandiri Mobile berada pada kategori baik. Kemudian kualitas Mandiri Mobile berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna Mandiri Mobile di kota Bandung sebesar 62,9%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini sebesar 37,1%. Maka kesimpulan penelitian ini adalah kualitas Mandiri Mobile memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri di kota Bandung tahun 2014.