Televisi adalah media penyampaian informasi yang digemari oleh anak-anak. Rasa ingin tahu terhadap informasi menyebabkan pengaruh media terhadap anak semakin besar dengan adanya berbagai tayangan yang dapat mendidik anak melalui televisi. Perkembangan komunikasi anak dapat dirangsang melalui tayangan acara di televisi, salah satunya adalah tayangan acara Jalan Sesama. Melalui tayangan acara Jalan Sesama diharapkan dapat membantu dalam proses perkembangan kognitif pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan komunikasi para penonton acara Jalan Sesama pada anak usia 5 tahun. Aspek perkembangan yang di teliti berupa aspek perbendaharaan kata, panjang kalimat, percakapan, presentasi lisan, perilaku non verbal, kompleksitas sintaksis, dan cara mengatur pikiran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan melibatkan 4 orang murid TK Taruna Bakti sebagai anak-anak yang menonton tayangan Jalan Sesama, pada dasarnya anak mampu menangkap apa yang disampaikan dalam tayangan tersebut, mereka dapat menceritakan kembali apa yang di kisahkan dalam film, serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat memahami makna antri yang sesungguhnya.