ABSTRAK
Perkembangan musik tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi terutama teknologi digital. Banyak musisi yang memanfaatkan teknologi ini untuk membuat permainan musik menjadi lebih kreatif, variatif , menarik, dan berkembang. Salah satu faktor perubahan ini menggunakan alat yang disebut efek . Dari hasil survey awal yang peneliti lakukan bahwa Kualitas Produk dan Harga merupakan hal yang paling sering dipertimbangkan dalam memilih produk efek gitar, maka peneliti tertarik melakukan penelitian tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausal, dengan menggunakan analisis statistik regresi linear berganda dengan metode teknik sampling Convenience Sampling. Pengambilan sampel dilakukan terhadap responden yang pernah membeli Efek Gitar merek Behringer di Tiga Negeri Bandung. Perhitungan statistik pada penelitian ini menggunakan SPSS for Windows versi 20. Variabel bebas penelitian ini yaitu Kualitas Produk dan Harga, sedangkan Keputusan Pembelian adalah variabel terikat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji parsial dan uji simultan, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Dari analisis tersebut, secara uji simultan, variabel Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Efek Gitar merek Behringer. Secara uji parsial, Kualitas Produk (X1) diketahui berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sedangkan Harga (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dari nilai. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (R2), diperoleh nilai 0,627. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (Kualitas Produk dan Harga) terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 62,73% sedangkan sisanya 37,27% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor brand image yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Secara keseluruhan variabel Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Efek Gitar merek Behringer di Tiga Negeri Jalan Soka Bandung. Tetapi, Behringer harus tetap mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produknya agar konsumen bisa selalu terpenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian