REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN MEN'S BIORE VERSI ADVENTURE FOOTBALL

BIMO SATRIO HUTOMO

Informasi Dasar

219 kali
14.04.673
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak: Iklan televisi merupakan media yang paling diandalkan dalam sebuah promosi produk. Salah satu jenis produk yang banyak melakukan promosi melalui iklan televisi adalah produk perawatan kulit pria. Iklan produk perawatan kulit pada pria seringkali menonjolkan image tertentu sesuai dengan identitas produk yang diiklankannya. Salah satu image yang banyak diangkat adalah image pria maskulin, yang digambarkan dalam beragam nilai-nilai dari konsep maskulinitas. Iklan Men’s Biore versi Adventure Football, adalah salah satu iklan produk perawatan kulit pria yang memiliki keunikan dibandingkan dengan iklan sejenis karena menggambarkan maskulinitas melalui beragam simbolisasi.Dalam proses analisisnya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisa semiotika Peirce, penulis menemukan bahwa maskulinitas dalam iklan Men’s Biore versi Adventure Football tergambarkan melalui suatu pertentangan antara konsep maskulinitas baru serta maskulinitas klasik. Iklan ini dibuat seakan menjadi arena pembuktian kedua konsep maskulinitas untuk menentukan konsep maskulinitas mana yang dianggap patut mencerminkan sosok pria sejati, yang pada akhirnya dimenangkan oleh konsep maskulinitas baru.

Kata kunci: Semiotika, Charles Sanders Peirce, Maskulinitas, Iklan Televisi

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN MEN'S BIORE VERSI ADVENTURE FOOTBALL
 
180p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMO SATRIO HUTOMO
Perorangan
Agus Aprianti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini