ABSTRAK
Penggunaan selebriti sebagai endorser suatu produk merupakan bagian dari sebuah strategi pemasaran untuk mendukung pembentukan citra sebuah merek (brand image). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan celebrity endorser Valentino Rossi terhadap pembentukan brand image sepeda motor Yamaha di lingkungan Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. Dalam penelitian ini terdapat beberapa dimensi dalam variabel celebrity endorser yaitu popularitas, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan, sedangkan dimensi dalam variabel brand image yaitu citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Data dikumpulkan melalui survey menggunakan kuesioner terhadap Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom angkatan 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden.
Hasil penelitian berdasarkan uji t, celebrity endorser Valentino Rossi berpengaruh terhadap brand image sepeda motor Yamaha, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 6,933 > ttabel 1,986. Berdasarkan.koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel celebrity endorser memiliki pengaruh sebesar 0,343 atau 34,3% terhadap variabel brand image.
Kata Kunci: Pemasaran, Celebrity Endorser, Brand Image