Banyak wanita memegang peranan penting di dunia bisnis, khususnya dibidang kewirausahaan. Perkembangaan wirausaha yang dikelola wanita kini mampu memperluas lapangan dan kesempatan kerja baru serta menopang perekonomian negara. Kebutuhan wanita akan informasi dan pengembangan diri pun semakin menigkat seiring dengan kemajuan teknologi telekomunikasi seperti melalui internet. Dengan perkembangan internet tersebut, menjadikan banyaknya pengguna internet memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan seperti bisnis online. Wanita tercatat sebagai kalangan yang paling banyak memanfaatkan bisnis online ini khususnya di kalangan mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang memotivasi wanita berwirausaha melalui bisnis online. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung yang memiliki bisnis online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling kepada 100 mahasiswi yang memiliki bisnis online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor untuk mencari faktor-faktor yang memotivasi wanita berwirausaha melalui bisnis online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang terbentuk dalam memotivasi wanita berwirausaha melalui bisnis online khususnya pada mahasiswi sekolah bisnis di Bandung adalah faktor keluarga, faktor pengalaman dan fasilitas, faktor penghargaan dan peluang, faktor keinginan pribadi, faktor aktualisasi diri, faktor potensi diri, dan faktor pengangguran