Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran (Studi Kasus: Persepsi Pengguna Facebook Dan Twitter Tentang Produk Samsung Di Kota Jakarta Dan Bandung)

IHSAN RAHMAWAN

Informasi Dasar

14.04.682
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, salah satunya adalah internet. Di Negara Indonesia jumlah pengguna internet pada tahun 2013 mencapi 71,19 juta pengguna. Tingginya jumlah pengguna internet mengakibatkan banyaknya penggunaan media sosial yaitu facebook atau twitter. Facebook dan twitter kini tidak hanya menjadi alat untuk berinteraksi namun juga digunakan untuk alat pemasaran. Samsung merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial facebook atau twitter sebagai alat pemasaran demi mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi di dalam media sosial dan kehandalan (reliability) iklan online terhadap keputusan pembelian produk samsung melalui media sosial facebook atau twitter samsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory, dengan menggunakan metode Nonprobality Sampling dengan jumlah sampel 384 responden yang berdomisili di kota Jakarta dan Bandung. Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa interaksi di dalam media sosial dan kehandalan (reliability) iklan online memiliki persepsi cukup baik yang dirasakan oleh responden. Berdasarkan analisis regresi linear berganda secara parsial (Uji T) variabel interaksi di dalam media sosial dan kehandalan (reliability) iklan online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk samsung sebesar 8,947 dan 7,126. Dan secara simultan (Uji F) variabel Interaksi di dalam media sosial (X1) dan kehandalan (reliability) iklan online (X2) memiliki pengaruh 431,432. Dari hasil penelitian persentase pengaruh variabel interaksi di dalam media sosial (X1) dan kehandalan (reliability) iklan online (X2) terhadap keputusan pembelian adalah 69,2%. Samsung telah menggunakan teknologi informasi secara positif yaitu dengan mempermudah komunikasi dan mempermudah informasi kepada konsumen melalui media sosial facebook atau twitter. Dan sebaiknya samsung tetap mengikuti dan menggunakan teknologi informasi dalam hubungan komunikasi dengan konsumen dan menyampaikan informasi kepada konsumen.

Kata Kunci: Interaksi di dalam media sosial, Keputusan pembelian

Subjek

SOCIAL MEDIA-MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran (Studi Kasus: Persepsi Pengguna Facebook Dan Twitter Tentang Produk Samsung Di Kota Jakarta Dan Bandung)
 
86p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHSAN RAHMAWAN
Perorangan
Indrawati Ph.D
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini