ABSTRAK
** **Manajemen Sampah dalam pengolahan bisnis merupakan
kegiatan perbaikan lingkungan yang meliputi aktivitas _Reduce, Reuse, Recycle, Recovery _dan _Disposal. _Manajemen sampah ini juga bisa didefinisikan sebagai
pendekatan sistem yang komprehensif, terintegrasi dan bersifat rasional dalam
meraih keberhasilan terhadap pemeliharaan kualitas lingkungan. Tujuan dari penerapan
manajemen sampah adalah agar terbentuknya lingkungan yang sehat dan tetap
tejaga disekitar lingkungan kerja suatu perusahaan.
Terbentuknya lingkungan yang sehat
tentunya akan memberikan persepsi positif pada konsumen atas apa yang telah
dilakukan oleh perusahaan. Pada penelitian ini J.CO Donuts & Coffee diobservasi
untuk mengetahui sejauh mana tingkat persentase dan signifikansi pengaruh _Reduce, Reuse, Recycle, Recovery _dan _Disposal _terhadap persepsi konsumen.
Penelitian ini merupakan
penelitian bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data, analisis
deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabilitas
independennya yaitu sebesar 26,5 % dan sisanya sebesar 73,5% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian model ini.
Dari penelitian ini dapat
ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada reduce, reuse, recycle, recovery _dan disposal terhadap persepsi konsumen. Sementara,
pengaruh masing-masing variabel terhadap persepsi konsumen ditunjukkan bahwa
variabel _reuse dan _recovery _tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap persepsi konsumen.
**Kata Kunci: **Reduce;
Reuse; Recycle; Recovery; Disposal; Persepsi Konsumen