ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini promosi one-to-many mulai berkembang menjadi promosi many-to-many yang didorong oleh adanya teknologi Web 2.0. Dengan adanya interaksi many-to-many melalui sosial media di internet sebagai salah satu media promosi, maka akan tercipta eWOM (Electronic Word of Mouth) yang akan berdampak pada pembangunan brand awareness dan brand image. Brand awareness dan brand image merupakan komponen utama dari brand knowledge yang dapat berpengaruh terhadap brand satisfaction. Salah satu perusahaan yang menggunakan eWOM sebagai komunikasi pemasaran di sosial media adalah NET. Sebagai stasiun televisi baru di Indonesia, NET. berusaha untuk membangun brand lewat sosial media twitter @netmediatama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image terhadap brand satisfaction NET. dengan studi kasus pada followers @netmediatama 3 Juli 2014. Penelitian ini didukung oleh beberapa teori, antara lain teori mengenai pemasaran, brand awareness, brand image, dan brand satisfaction. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatori atau kausal. Data primer diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan desain pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jenis convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari brand awareness dan brand image sebagai variabel bebas dan brand satisfaction sebagai variabel terikat.
Berdasarkan tanggapan responden terlihat bahwa brand awareness, brand image dan brand satisfaction NET. masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dan variabel terikat tersebut, ketiganya mempunyai pengaruh yang sangat kuat.
Kata kunci: Brand, Brand Awareness, Brand Image, Brand Satisfaction.
ABSTRACT
Along with the development of technology, the current promotion of a one-to-many began to develop into the promotion of many-to-many are driven by Web 2.0 technologies. With the interaction of many-to-many through social media on the internet as a medium of promotion, it will create eWOM (Electronic Word of Mouth) that will have an impact on building brand awareness and brand image. Brand awareness and brand image are the major components of brand knowledge that can affect the brand satisfaction. One company that uses eWOM as marketing communications in social media is NET. As a new television station in Indonesia, NET. trying to build a brand through social media twitter @netmediatama.
This study aims to determine the effect of brand awareness and brand image towards brand satisfaction NET. with case studies on @netmediatama followers 3 July 2014. This research was supported by several theories, including the theory of marketing, brand awareness, brand image, and brand satisfaction. The method used is explanatory or causal research. The primary data obtained from questionnaires distributed to 100 respondents with a sampling design using nonprobability sampling with the type of convenience sampling. The data analysis technique used is the Path Analysis (Path Analysis). The variables in this study consists of brand awareness and brand image as an independent variable and brand satisfaction as the dependent variable.
Based on the respondents seen that brand awareness, brand image and brand satisfaction NET. entry in the excellent category. The results show the independent variable and the dependent variable, all three have a very strong influence.
Keywords: Brand, Brand Awareness, Brand Image, Brand Satisfaction.