Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor keputusan pembelian produk komputer (hardware dan software) secara online pada pelanggan www.bhinneka.com di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Pada penelitian ini penulis menggunakan beberapa variabel yang diperoleh dari literaur penelitian terdahulu dari Broekhuizen dan Huizingh (2009) tentang Online Purchase Intention dan Katawetawaraks dan Wang (2011) tentang Online Consmer Decision. Variabel yang digunakan antara lain: Convenience, Information, Available Products and Services, Cost and Time Efficiency, Intangibility of Online Product, Social Contact, Merchandise Quality, Service Quality, Enjoyment, Price Attractiveness, dan Perceived Risk. Penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pelanggan Bhinneka.com di kota Bandung. Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor keputusan pembelian produk di Bhinneka.com.
Dalam penelitian ini diperoleh temuan bahwa terdapat 2 faktor baru yang mewakili 11 variabel tersebut yaitu Company Capability Factor yang mewakili variabel Convenience, Information, Intangibility of Online Product, Merchandise Quality, Service Quality, dan Enjoyment; dan Consumer Consideration Factor yang mewakili variabel Available Products and Services, Cost and Time Efficiency, Social Contact, Price Attractiveness, Perceived Risk.
Kata kunci: e-commerce, keputusan pembelian, online shopping, analisis faktor