Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen tentang kualitas produk Kamera DSLR merek Canon dan Nikon serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen tentang kualitas produk Kamera DSLR merek Canon dan Nikon pada komunitas fotografi di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan delapan dimensi dari kualitas produk yaitu Kinerja (Performance), Fitur (Features), Reliabilitas (Reliability), Kesesuaian dengan Spesifikasi (Conformance to Specifications), Daya Tahan (Durability), Kemudahan Perawatan (Serviceability), Estetika (Esthetic), Persepsi Kualitas (Perceived Quality). Kualitas produk yang tinggi akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen dalam memilih untuk menggunakan produk tertentu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang datanya dihitung menggunakan persentase untuk menggambarkan seberapa besar persepsi konsumen berdasarkan delapan dimensi kualitas produk. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang pernah menggunakan kedua Kamera DSLR merek Canon dan Nikon. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Mann Whitney, uji ini merupakan pengganti uji t untuk menguji perbedaan dua rata-rata (unpaired t test) pada statistika parametrik. Uji beda Mann Whitney juga digunakan untuk membandingkan perbedaan dua median. Data dikumpulkan berdasarkan dua sampel yang independen dan tingkat pengukuran sekurang-kurangnya ordinal.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen pada kualitas produk kamera DSLR Canon dan Nikon berdasarkan perhitungan rata-rata delapan dimensi kualitas produk tergolong baik, dengan persentase masing-masing sebesar 79,79% dan 77,44%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang didapat adalah sebesar 0,036 dan berada di bawah level of significance yang digunakan (? = 0,05) sehingga hipotesis yang diterima menyatakan bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen tentang kualitas produk kamera DSLR merek Canon dan Nikon.
Kata Kunci : persepsi konsumen, kualitas produk, analisis perbandingan, mann whitney.