Analisis Inovasi Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Pada Bebek Garang Bandung tahun 2014)

FITRI FATIMAH PATMANA PUTRI

Informasi Dasar

248 kali
14.04.802
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kreatif di Bandung semakin berkembang terutama pada kuliner. Kuliner memiliki magnet yang membuat Bandung menjadi kota kreatif. Bebek Garang merupakan salah satu industri kreatif yang bergerak di bidang kuliner. Berkembangnya bisnis kuliner di Bandung membuat bisnis yang serupa bermunculan. Terdapat beberapa pesaing Bebek Garang seperti Bebek H.Slamet, Bebek Van Java, Bebek Darmo yang dapat mengancam keberlangsungan bisnis Bebek Garang. Selain itu Bebek Garang memiliki tujuan atau visi yaitu menjadikan Bebek Garang, restoran bebek dan ayam lokal terbaik dan terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Business Model Canvas Bebek Garang yang sedang digunakan saat ini dan memberikan rekomendasi Business Model Canvas yang baru untuk digunakan pada Bebek Garang. Analisis model bisnis Bebek Garang menggunakan aspek sembilan blok Business Model Canvas yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan menggunakan sequential exploratory design dimana penelitian kualitatif dilakukan terlebih dahulu selanjutnya dilakukan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan wawancara menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan kuesioner dengan cara pengolahan menggunakan garis kontinum. Penelitian kuantitaif menguanakan analisis SWOT dengan menggabungkan sembilan building blocks business model canvas. Analisis ini menggunakan Business Model Canvas dengan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran model bisnis Bebek Garang saat ini sudah cukup baik jika ditinjau dari sembilan blocks Business Model Canvas. Namun terdapat ancaman yang harus diantisipasi dengan langkah-langkah seperti memperbaiki website yeng merupakan channel penting bagi Bebek Garang. Untuk menghadapi ancaman pada cost structure, Bebek Garang harus membuat sistem delivery yang lebih efisien. Bebek Garang harus menambahkan value propositions kepada pelanggan melalui kenyamanan pelanggan agar tidak terjadi perpindahan pelanggan kepada pesaing, karena hal tersebut merupakan antisipasi Bebek Garang terhadap ancaman yang akan datang.

Kata Kunci : Analisis SWOT , Business Model Canvas, Inovasi, Manajemen Strategi.

Subjek

PLANNING
 

Katalog

Analisis Inovasi Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Pada Bebek Garang Bandung tahun 2014)
 
103p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI FATIMAH PATMANA PUTRI
Perorangan
Farah Alfanur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini