PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, DAN CUSTOMER CAPITALTERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSIYANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIAPERIODE 2010-2012

SUMARYANTO HUSAIN

Informasi Dasar

97 kali
14.04.860
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Munculnya “New Economy” yang dikendalikan oleh teknologi informasi dan ilmu pengetahuan yang menyebabkan banyak perusahaan merubah cara berbisnisyang berdasarkan labour-based Business menuju bisnis yang berdasarkan knowledge-based busines atau yang lebih dikenal dengan intellectual capital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh intellectual capital yang terdiri dari tiga komponen yaitu, human capital, structural capital, customer capital terhadapkinerjakeuangan. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif dan metode verifikatif. Jumlah populasi penelitian ini adalah 37 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 29 perusahaan dengan melewati tahap purposive sampling sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini termasuk ke dalam jenis data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan sejaktahun 2010 hingga 2012 yang diperolehdari website www.idx.co.id. Metode analisis dari penelitian ini menggunakanan alisis regresi data panel untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variable satu dengan variable lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Value Added Intellectual Capital (VAICTM) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Assets (ROA). Hasil penelitian ini mengidentifikasikan secara parsial Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Structural Capital (STVA ) berpengaruh signifikan kearah positif, sedangkan Value Added Customer Capital (VACA) tidak berpengaruh signifikan kearah positif terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Assets (ROA) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) daritahun 20010sampaidengan 2012.

Kata Kunci : Value Added Intellectual Capital (VAICTM), Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Structural Capital (STVA), Value Added Customer Capital (VACA, Return on Assets (ROA).

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
 

Katalog

PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, DAN CUSTOMER CAPITALTERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSIYANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIAPERIODE 2010-2012
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUMARYANTO HUSAIN
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini