ABSTRAK
Persaingan industri elektronik khususnya smartphone saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat yang memposisikan pemasar untuk selalu dapat mengembangkan dan merebut market share atau pangsa pasar. Hal ini disadari oleh smartphone iPhone, dengan brand image yang baik Apple yakin akan mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar hal ini juga akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang dan menjadikan konsumen loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap loyalitas pengguna smartphone iPhone di Telkom University Fakultas Bisnis dan Adminitrasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier berganda dan metode teknik sampling convenience sampling. Dengan pengambilan sampel yaitu responden yang menggunakan smartphone iPhone yang berada di Telkom University Fakultas Komunikasi dan Bisnis.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial brand image smartphone iPhone berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai berdasarkan uji koefisian determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan persentase pengaruh sebesar 45,6% Sedangkan sisanya sebesar 54,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar brand image yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti brand equity, brand trust, dan faktor lainnya.
Smartphone iPhone sebaiknya mempertahankan brand image yang sudah terbentuk dengan cara meningkatkan kualitas produk agar pengguna tetap loyal dan juga percaya bahwa produk smartphone iPhone berkualitas dan berbeda dengan yang lain.
Kata Kunci: Smartphone, Brand Image, Loyalitas Pelanggan