RANCANG BANGUN ANTENA MICROSTRIP ARRAY DENGAN TEKNIK PENCATUAN PROXIMITY COUPLER UNTUK SENSOR CIRCULAR POLARIZED SYNTHETIC APERTURE RADAR (CP-SAR)

NURUL HIDAYAH MATSITO RADIMAN

Informasi Dasar

14.06.2926
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi penginderaan jauh (remote sensing) dikenal sebagai teknologi yang memiliki manfaat yang luas. Pada perkembangan teknologi penginderaan jauh menggunakan platform satelit, banyak dari pengembang mengadopsi teknologi kamera, baik kamera spectral maupun push-broom untuk mendapatkan citra bumi secara berkala. Namun teknologi kamera memiliki beberapa kelemahan, diantaranya tidak dapat memetakan daerah yang tertutup awan dan daerah pada kondisi malam hari. Maka dari itu perlu dikembangkan teknologi yang tidak memanfaatkan spektrum cahaya. Tantangan ini dijawab oleh teknologi Circularly Polarized Synthetic Aperture Radar (CP-SAR) yang termasuk dalam kategori microwave remote sensing yaitu teknologi penginderaan jauh yang memanfaatkan gelombang radio sebagai sarana pengambilan data. Pada sistem CP-SAR diperlukan antena dengan karakteristik polarisasi sirkular. Pada penelitian ini dirancang antena microstrip dengan menggunakan teknik perturbasi truncated edge yaitu pemotongan bagian tepi pada patch berbentuk sirkular dengan sudut 45° dan 225° searah dengan jarum untuk polarisasi RHCP terhadap sumbu catuan. Teknik catuan yang digunakan menggunakan proximity coupled dengan ketinggian lapisan atas dan bawah dibuat sama. Proses desain menggunakan simulator antena berbasis Finite Integration Technique (FIT) dengan bahan substrat FR-4 Epoxy memiliki konstanta dielektrik sebesar 4.3 pada frekuensi 1.27 GHz. Setelah didapatkan antena tunggal, maka antena tersebut di-array dengan susunan 8x2 untuk mendapatkan gain yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan teknik perturbasi truncated edge dapat memodifikasi polarisasi antena microstrip menjadi berpolarisasi sirkular RHCP dengan parameter dimensi yang mempengaruhi kesirkularan adalah lebar patch (l), lebar segmen truncated (tr), dan panjang dari catuan (p_l). Dari hasil pengukuran bandwidth impedansi sebesar 110 MHz. Sementara itu bandwidth axial ratio hasil pengukuran sebesar 110 MHz. Besar HPBW axial ratio pada Sweep theta; phi =0 sebesar 20° dan HPBW axial ratio pada theta=0; Sweep phi sebesar 20°. Gain capaian pada antena ini sebesar 13.97 dBi. Antena hasil perancangan dapat diaplikasikan untuk sensor CP-SAR karena telah sesuai dengan spesifikasi sistem.

Kata Kunci: Antena Array Microstrip, Proximity Coupler, Polarisasi Sirkular, CP-SAR

Subjek

Antennas-design & construction - cad-antennas.
 

Katalog

RANCANG BANGUN ANTENA MICROSTRIP ARRAY DENGAN TEKNIK PENCATUAN PROXIMITY COUPLER UNTUK SENSOR CIRCULAR POLARIZED SYNTHETIC APERTURE RADAR (CP-SAR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL HIDAYAH MATSITO RADIMAN
Perorangan
Agus Dwi Prasetyo, Dwi Andi Nurmantris
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini