INTEGRASI POLYMER ELECTROLYTE MEMBRANE (PEM) FUEL CELL DAN ANALISIS PENGARUH JUMLAH SEL TERHADAP PERFORMANSI BERDASARKAN DATA KURVA KARAKTERISTIK

NIA NUR MALASARI

Informasi Dasar

67 kali
14.04.919
530
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Satu sel fuel cell menghasilkan tegangan kurang dari 1.16 volt, tegangan ini terlalu kecil untuk diaplikasikan. Tegangan yang tinggi dapat dihasilkan dengan cara menyusun secara seri sebuah fuel cell stack. Daya, potensial sel, dan arus yang dihasilkan oleh stack bergantung pada jumlah sel. Namun, potensial sel yang sebenarnya menurun dari potensial ideal karena beberapa jenis kerugian irreversibel. Penelitian ini mempelajari pengaruh jumlah sel dalam stack terhadap output dari Polymer Electrolyte Membrane Fuel cell (PEMFC). Pada eksperimen ini, temperature humidifier diatur pada 45oC sedangkan suhu sel dijaga konstan pada suhu kamar. Clamping force adalah sebesar 20 kgf/cm2, dan backpressure H2/O2 adalah 15 psi. Flow rate H¬2 untuk satu, dua dan tiga sel masing-masing adalah 50ml/min, 100ml/min, 150ml/min. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa optimasi tekanan dan flow rate meningkatkan kinerja stack secara signifikan. Fungsi daya maksimum yang dihasilkan adalah 1.356n^1.968 dimana n adalah jumlah sel.

Kata kunci : polymer electrolyte membrane fuel cell, kurva karakteristik, overvoltage, stacking, irreversible losses, jumlah sel, optimasi

Subjek

Energy
 

Katalog

INTEGRASI POLYMER ELECTROLYTE MEMBRANE (PEM) FUEL CELL DAN ANALISIS PENGARUH JUMLAH SEL TERHADAP PERFORMANSI BERDASARKAN DATA KURVA KARAKTERISTIK
 
60p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIA NUR MALASARI
Perorangan
Holio Onggo, Mamat Rokhmat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini