ABSTRAK
Jumlah Wajib Pajak dari tahun ke tahunnya semakin bertambah, namun bertambahnya jumlah Wajib Pajak tersebut tidak diimbangi dengan kepatuhan Wajib Pajak Upaya penggalian potensi perpajakan di Kabupaten Cianjur terus digalakkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perpajakan dan help desk terhadap kepatuhan Wajib Pajak studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cianjur.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan verifikatif. Berdasarkan pendekatan data, penelitian ini tergolong kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode analisis linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil analisis melalui Uji F menyatakan bahwa sosialisasi perpajakan dan help desk secara bersama – sama tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Pengujian secara parsial melalui Uji t menyatakan bahwa sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan help desk tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Maka sosialisasi perpajakan dan pelayanan khususnya help desk perlu dievaluasi kembali. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dan bahan kajian bagi Kantor Pelayanan Pratama Cianjur agar kegiatan sosialisasi perpajakan dan pelayanan kepada Wajib Pajak menjadi lebih baik
Kata Kunci : Sosialisasi Perpajakan, Help Desk, Kepatuhan Wajib Pajak