PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA THE ORIGINAL FANSHOP (Studi Pada Pendukung Persib Bandung Tahun 2014)

MUHAMAD FEBRIANTO

Informasi Dasar

117 kali
14.04.1000
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA THE ORIGINAL FANSHOP (Studi Pada Pendukung Persib Bandung Tahun 2014)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh awal The Original Fanshop mulai dirintis dan menjadi toko yang pertama dalam penjualan atribut supporter di Kota Bandung maupun di Indonesia. Sejak tahun 2005 hingga hingga 2010 The Original Fanshop menjadi satu-satunya penjual resmi aksesoris Persib Bandung. Saat ini bobotoh Persib mengenal berbagai macam merek yang menjual atribut perlengkapan suporter Persib seperti The Original Fanshop, Blue Holigan, Real Suporter yang selalu bersaing untuk merebut minat konsumen agar membeli produk mereka. Menurut Muhammad Subhani dan Amber Osman, kesadaran merek mempengaruhi loyalitas konsumen karena membuat keputusan dengan memanipulasi kesadaran dan hubungan merek yang disampaikan dalam citra merek yang dibentuk oleh faktor yang terjalin dalam ingatan merek tersebut. Sebenarnya kesadaran dibantu untuk menentukan sejauh mana konsumen menyadari dan memiliki pendapat yang positif tentang produk atau jasa mereka. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pendukung Persib Bandung dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan menggunakan teknik insidental sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan brand awareness berpengaruh terhadap customer loyalty The Original Fanshop sebesar 50,344%. Untuk hasil pengujian regresi sederhana menunjukan brand awareness berpengaruh terhadap customer loyalty The Original Fanshop sebesar 50,9%. Sementara berdasarkan koefisien determinasi variabel brand awareness mampu mempengaruhi customer loyalty sebesar 33,9%. Disarankan agar The Original Fanshop bisa menjadi sponsor utama tim Persib Bandung yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat penjualan dan menjadi media promosi yang baik dan customer loyalty terhadap produk The Original Fanshop dapat dipertahankan, sehingga dengan iklan dan media promosi The Original Fanshop tersebut tersebut menempatkan merek The Original Fanshop di top of mind dari para konsumen.

Kata kunci : brand awareness, customer loyalty

Subjek

BRAND AWARENESS
 

Katalog

PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA THE ORIGINAL FANSHOP (Studi Pada Pendukung Persib Bandung Tahun 2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FEBRIANTO
Perorangan
ArryWidodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini