Permainan catur akan terasa lebih menarik jika divisualisasikan secara interaktif menggunakan teknologi augmented reality (AR). Tanpa mengubah sudut pandang kamera, pion catur akan muncul sesuai tempatnya masing-masing. Teknologi augmented reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menambahkan objek secara dua dimensi atau tiga dimensi kedalam dunia nyata. Penggunaan teknologi augmented reality (AR) ini nyatanya telah mencapai ke berbagai bidang misalnya dalam bidang militer, kendaraan, kesehatan, game, bisnis, dan sebagainya. Sehingga dapat dilihat bahwa teknologi AR sangat menarik.
Pada tugas akhir ini akan dilakukan perancangan augmented reality (AR) dengan memanfaatkan fitur sudut sebuah citra, melacak fitur tersebut, mendefinisikan koordinat citra lalu menampilkan objek virtual pada sebuah citra target (image target) sehingga dengan sudut pandang yang berbeda, citra tersebut tetap dapat didefinisikan dan diaplikasikan pada perangkat yang berbasis Android.
Berdasarkan hasil pengujian, sistem akan mendeteksi frame marker pada papan catur dengan jarak minimal 35,06 cm, jarak maksimal 75,92 cm, sudut minimal 40°, dan sudut maksimal 90°. Rata – rata waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan pion catur secara keseluruhan adalah 2,7174 detik. Akurasi aplikasi dalam mendeteksi frame marker mencapai 96,875% saat cahaya terang dan 72,6% saat cahaya redup. Namun, sistem membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanggil pion – pion catur yaitu sekitar 39 detik. Tugas akhir ini bisa menjadi referensi pengembangan aplikasi mobile untuk teknologi Augmented Reality.
Kata Kunci : Augmented reality (AR), Android, Frame Marker, 3D