Pendidikan adalah kebutuhan yang penting untuk semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Semua memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan dan seperti yang diketahui bahwa masyarakat berkebutuhan khusus memiliki sekolah tersendiri, dengan sistem pengajaran yang berbeda dengan sekolah formal. Sekolah Luar Biasa Negri A Wyata Guna (YPAC) Kota Bandung adalah satu-satunya Sekolah Luar Biasa Negeri yang ada di Kota Bandung yang diperuntukan untuk anak tunanetra, kurangnya media pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan bentuk yang detail tentang satwa dan penjelasan satwa tersebut menjadi sebuah kendala yang dihadapi oleh pihak SLB Negeri A Kota Bandung dalam sistem pengajaran dan hal ini pun dirasakan oleh orang tua yang memiliki anak tunanetra.Guna menjawab permasalahan diatas, Penulis memperoleh data yang dibutuhkan melalui metode studi lapangan pada objek penelitian, studi pustaka, dan melakukan wawancara mendalam terhadap narasumber terkait. Setelah data diperoleh, Penulis melakukan perancangan media pembelajaran pengenalan satwa dalam bentuk buku. Selain itu media yang digunakan sebagai media pendukung pada perancangan Tugas Akhir ini adalah poster dan x-banner. Dengan adanya perancangan Tugas Akhir ini, diharapkan akan mampu membantu anak tunanetra, orang tua yang memiliki anak tunanetra, serta pihak terkait termasuk Sekolah Luar Biasa Negri A Wyata Guna (YPAC) Kota Bandung dalam pembelajaran tentang pengenalan satwa sehingga dapat membantu proses pembelajaran baik di sekolah formal ataupun di rumah.
Kata Kunci : Buku, Pengenalan Satwa, Tunanetra, Braille