ABSTRAKSI: Seiring dengan tingkat mobilisasi masyarakat yang semakin tinggi, transportasi
merupakan kebutuhan primer untuk mengatasi jarak dan waktu yang sangat berharga. Untuk
memenuhi kebutuhan tersebut para produsen kendaraan bermotor pun meningkatkan jumlah
produksinya. Seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat dan banyaknya kemudahan
untuk kredit kendaraan bermotor tanpa didukung dengan penambahan sarana transportasi
yang memadai, maka volume kendaran bermotor tiap hari semakin meningkat. Volume
kendaran bermotor yang tinggi ini menyebabkan angka kemacetan semakin meningkat.
Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan memperlebar jalan atau dengan
pengoptimalisasian jalan. Untuk memperlebar jalan dibutuhkan dana yang tidak sedikit
jumlahnya, sedangkan optimalisasi akan lebih efisien daripada memperlebar jalan.
Optimalisasi ini akan memerlukan suatu alat yang dapat memonitor volume trafik terutama
pada jalan-jalan yang volume trafiknya padat dan tidak dapat diprediksi. Salah satu cara
untuk memonitor volume trafik kendaraan bermotor tersebut adalah dengan menggunakan
bistatic radar. Bistatic radar adalah sistem radar yang memisahkan penempatan transmitter
dan receiver di lokasi yang berbeda. Sistem radar pasif ini bekerja berdasarkan radiasi
gelombang yang dipancarkan oleh transmitter secara kontinyu, sinyal tersebut dipantulkan
oleh objek dan diterima di receiver. Sinyal pantulan yang diterima di receiver adalah sinyal
yang telah berubah frekuensi, amplitudo, dan fasanya akibat pengaruh dari kecepatan dan
arah pergerakan dari objek relatif terhadap transmitter, dan posisi dari objek relatif terhadap
transmitter dan receiver. Informasi perubahan frekuensi, amplitudo, dan fasa ini digunakan
untuk memperkiraan jenis, kecepatan, dan arah pergerakan dari objek.
Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa sinyal yang diterima oleh
receiver memiliki karakteristik amplitudo, frekuensi, dan beda fasa tersendiri. Karakteristik
tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap perubahan keadaan kanal pada selang waktu
tertentu, dimana keadaan kanal ini dipengaruhi oleh jenis dan mobilisasi setiap objek.
Keakurasian sistem ini dalam menerima sinyal pantul dari titik yang dimodelkan adalah
33,33%, dengan requirement ketidakstbilan osilator maksimummum adalah 80 Hz.Kata Kunci : *ABSTRACT: Along with the raising of people mobilization level, at present time, transportation is
become one of primary needs to overcome distance and valuable time. In this situation, the
producers of vehicles are gaining their products to fulfill the needs. And along with the
easiness of having credit, cause more people are able to have their own vehicles. As a result,
the volume of vehicles are raising day by day. But unfortunately the increase of vehicles
volume are not supported by proper infrastructure increase. Thus the traffic jam problem are
become worse day by day.
The solution to overcome the situation are with road extension or road optimazing.
Road extens ion requires much funds, while road optimazing requires less efficient funds
than road extens ion. But road optimizing needs a tool that could monitor the traffic volume
of road. One of the tools which can be used for volume traffic monitoring is bistatic radar.
Bistatic radar is radar system that separates the location of the transmitter and the receiver at
different places. This passive radar system operates with electromagnetic wave radiation,
which is transmitted continually by the transmitter; then those transmitted signals are
reflected by objects and received by the receiver. Those reflected signals, which are
received by the receiver, are signals that have changed in frequency, amplitude and phase as
a result of objects radial velocity and motion direction relative to the transmitter, and
position of the objects relative to transmitter and receiver as well. In the end, those
alterations information is used for estimating the type, velocity, and motion direction of
objects.
According to the result of simulation analysis, it can be concluded that each received
signals which are received by the receiver have their own characteristic in frequency,
amplitude, and phase due to the condition of the channel where the condition of the channel
are depend on the type and motion of each objects. The accuracy of the modeled system in
receiving the reflected signals is 33.33%, while the maximum oscillator instability
requirement is 80 HzKeyword: *