PERBANDINGAN PERFORMANSI PROTOKOL MOBILE IPV4 DAN MOBILE IPV6 UNTUK APLIKASI VIDEO STREAMING

HERMAWAN FADLI

Informasi Dasar

111020261
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan seiring perkembangan jaman dan pertumbuhan teknologi internet, menyebabkan jumlah dari user yang terkoneksi dengan internet semakin bertambah. Dan dengan seiringnya pertambahan user internet maka semakin beragam pula keinginan dari user. Hal inilah yang menyebabkan beragam pula peralatan teknologi yang mampu mengakses internet ditawarkan kepada user. Mulai dari Laptop, Smart Phone, Blueberry, digital cellular phone dan lain sebagainya. Hampir semua orang ingin mengakses internet dimanapun dan kapanpun walapun dalam keadaan yang sedang bergerak. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya teknologi Mobile IP yang digunakan untuk menjawab keinginan dari user internet yang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi.
Selain menyediakan pengalamatan yang lebih banyak dibandingkan IPv4 serta format header yang lebih ringkas, IPv6 juga dapat mengijinkan suatu Mobile Node untuk berkomunikasi langsung dengan Coresspondent Node dengan kemampuan merubah arah dengan menggunakan alamat IP yang disebut Optimisasi Route[11]. Cara seperti ini mampu mengirimkan paket untuk menyilang rute yang lebih pendek dibandingankan melalui Home Agent.
Hasil pada tugas akhir ini menunjukkan bahwa pada Mobile IPv6 tidak menggunakan Foreign Agent, berbeda dengan Mobile IPv4 yang menggunakan Foreign Agent dalam melakukan tunneling untuk mengirimkan data dari Corespondent Node kepada Mobile Node. Dalam tugas akhir ini juga menunjukan bahwa Mobile IPv6 mempunyai QOS yang lebih baik dibandingkan dengan Mobile IPv4 , akan tetapi untuk keduanya masih memenuhi standart ITU-T G.1010[5] saat Mobile Node berada di Home Network dan saat berada di Foreign Network.Kata Kunci : -ABSTRACT: In the growth and development of internet technology, the user is rising enormously. And with this, the user demands are also vary. These also cause the variety of the technology equipment. Start from laptop, smart phone, blueberry, digital cellular phone etc. Almost everyone tries to access the internet wherever and whenever they are in mobile. This is the reason which emerging the mobile IP technology to solve the internet user demanding problem in reliable mobility.
Besides offering several more addresses compare to IPv4 and simpler header format, IPv6 also allows Mobile Node to communicate directly with Correspondent Node which has the ability to change the route using IP address which is called the Route Optimization[11]. This optimization allows the packet transferring across a shorter route than through Home Agent.
This final task shows the Mobile IPv6 doesn’t need Foreign Agent, but the Mobile IPv4 is using the tunneling process to transmit datagram from Correspondent Node to Mobile Node. This final task also shows that the Mobile IPv6 has better QOS than the Mobile IPv4, but both are still equally perform ITU-T G.1010[5] standardization when Mobile Node on Home Network and when on Foreign Network.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PERBANDINGAN PERFORMANSI PROTOKOL MOBILE IPV4 DAN MOBILE IPV6 UNTUK APLIKASI VIDEO STREAMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERMAWAN FADLI
Perorangan
Ida Wahidah, Nyoman Bogi Aditya Karna
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini