ABSTRAKSI: Dewasa ini, sentral PBX (Private Branch Exchange) telah dikembangkan menjadi IP– PBX (Internet Protocol – PBX), karena IP-PBX memiliki lebih banyak fungsi dibanding dengan PBX. Selain lebih mudah dalam pengawasan, juga lebih efisien dalam pembiayaan. Karena hanya dibutuhkan biaya yang lebih sedikit untuk men-develop dan maintenance. IP-PBX juga mendukung aplikasi VoIP, sehingga user diperbanyak menggunakan telepon digital (softphone).
Pada Tugas Akhir ini, dilakukan perancangan server IP-PBX menggunakan PC. Dalam hal ini, yang digunakan adalah software Asterisk, yang bersifat open source sehingga murah dan mudah dalam pengembangan selanjutnya. Lalu dilakukan perbandingan performansi VoIP yang menggunakan satu server dengan dua server, kemudian dianalisa kinerjanya. Parameter – parameter QoS (Quality of Service) yang diukur adalah call bandwith, delay, jitter, throughput, packetloss. Kemudian ditentukan nilai R factor lalu nilai MOS (Mean Opinion Score). Dilakukan pengukuran end-to-end, dengan beberapa skenario yang terbagi menjadi beberapa kasus.
Hasil pengukuran lalu dianalisa dan diperoleh nilai parameter – parameter yang secara keseluruhan berada pada taraf baik, sehingga penggunaan komunikasi VoIP antara dua sentral IP-PBX layak digunakan.
Kata Kunci : : IP-PBX, Astersik, VoIP, QoS, MOSABSTRACT: Nowadays, PBX central has developed to be a IP-PBX (Internet Protocol – PBX), because of IP-PBX have many more function than PBX. Not only easier in control but also more efficient in cost. Because IP-PBX need less cost to develop and maintenance it self. Also, IP-PBX support VoIP application so user could be add by using softphone.
On this Final Assignment, make an IP-PBX server using PC was done. In this context, use Asterisk software which is open source so cheap and easy in next developing. Next, compare and analyze VoIP performance between using one server and two server. Quality of Service that measured are call bandwidth, delay, jitter, throughput, and packetloss. Next, use R factor to count the MOS value. End to end configuration done with several scenario which divide into few case.
The result from measurement then analyzed and get parameter values which are totality in good level, so using VoIP communication between two IP-PBX central fairly good to use.
Keyword: : IP-PBX, Asterisk, VoIP, QoS, MOS