PENCATATAN JUMLAH PENGUNJUNG SUATU RUANGAN BERBASIS PENGOLAHAN VIDEO DENGAN METODE DETEKSI GERAKAN

GUNAWAN

Informasi Dasar

111040099
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem deteksi gerakan adalah suatu sistem yang dapat mendeteksi gerakan dalam suatu video. Aplikasi dari deteksi gerakan diantaranya dalam menentukan arah dan jumlah objek bergerak. Dalam sistem deteksi gerakan digunakan berbagai macam algoritma untuk melakukan tracking terhadap objek yang bergerak secara kontinyu.
Tugas akhir ini akan meneliti salah satu aplikasi dari sistem deteksi gerakan yang menggunakan metode frame difference untuk menghitung jumlah objek bergerak. Sistem ini akan menggunakan suatu algoritma traking yang dapat menganalisis arah gerakan objek bergerak. Sistem dibuat untuk dapat menghitung jumlah objek yang berada dalam suatu ruangan. Untuk dapat melakukan hal itu, sebelumnya sistem harus dapat mendata objek yang bergerak masuk dan objek yang bergerak keluar ruangan. Untuk itu video uji akan dibuat menggunakan webcam yang diletakkan di atas pintu masuk dan merekam pergerakan objek yang melewati pintu masuk. Terdapat lima belas buah video uji yang berbeda arah pergerakannya yang akan digunakan dalam analisis sistem ini. Analisis akan dilakukan terhadap suatu nilai indikator yang berpengaruh dalam menentukan arah pergerakan sistem juga analisis terhadap intensitas cahaya untuk mengetahui pengaruhnya.
Hasil dari sistem ini adalah bagaimana sistem mampu mendeteksi, melakukan tracking dan menentukan arah gerakan, dan menghitung jumlah objek bergerak yang masuk dalam ruangan dengan tingkat kesalahan sekecil mungkin. Pengujian terhadap nilai indikator dan pengaruh intensitas cahaya dilakukan untuk mendapat hasil terbaik. Dari hasil pengujian di dapat nilai indikator terbaik adalah 6 dan -6 dengan intensitas cahaya terbaik di dapat pada sore hari yang memiliki intensitas cahaya yang lebih merata sehingga mengurangi bayangan yang ada.
Kata Kunci : Deteksi gerakan, Algoritma tracking, Video, Metode frame-difference,Arah gerak objek, Jumlah objek dalam ruangan.ABSTRACT: Motion detection system is a kind of system which can detects motion in the video. The applications of this motion detection such as in determining motion’s direction and the amount of motion objects. In motion detection system uses some algorithms to tracking motion object by continue.
This final project researches one of the motion detection system’s application which uses frame difference method to calculate amount of motion objects. This system will use tracking algorithm which able to analyze the direction of motion object. The system made to be able to count objects who staying in a room. To be able to do that, previously systems have to be able to learns objects who entering and objects who exit the room. For that reason, the test video will made using webcam placed above the entrance door and it will record the enter and exit objects. There are about 10 test videos with difference object direction which will used to analyze the system. Analysis will be done to an indicator value which having an effect in determining motion direction and also analysis to light intensity to know its influence.
The result of this system is how the system can detecting, tracking and knowing motion direction, and counting the sum of objects who staying in the room with the smallest error level. Examination to indicator value and influence of light intensity is to get the best result. From the test decided the best indicator value is 6 and -6 with the best light intensity at the evening which produce less shadow.
Keyword: Motion detection, Tracking algorithm, Video, Frame-difference method,Direction of motion object, Amount of object in the room

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PENCATATAN JUMLAH PENGUNJUNG SUATU RUANGAN BERBASIS PENGOLAHAN VIDEO DENGAN METODE DETEKSI GERAKAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUNAWAN
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini