Desain dan Implementasi Alat Baca KWh Meter jarak Jauh dengan Komunikasi Wireless RF Berbasis Mikrokontroler

Agung Nugroho Jati

Informasi Dasar

111051026
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada proses pencatatan meter listrik, PLN memanfaatkan tenaga petugas untuk mendatangi rumah pelanggan dan mencatat data pemakaian energi listrik yang ada pada KWH meter. Apabila rumah pelanggan yang dikunjungi tersebut kosong maka proses pencatatan tidak dapat dilakukan. Selain itu pada proses pencatatan secara manual tersebut seringkali terjadi kesalahan yang akan merugikan pihak pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem baru yang mampu mengatasi beberapa masalah di atas.
Dalam tugas akhir ini, dibuat sebuah sistem yang mampu memberikan kemudahan PLN dalam melakukan proses pencatatan nilai KWh meter. Sistem ini terdiri dari mikrokontroler yang berfungsi sebagai pembaca pemakaian energi listrik pada KWH meter. Pada proses pencatatan tersebut, penulis memanfaatkan prinsip kerja putaran KWh meter dengan memasang sensor pada piringan KWh meter. Hasil pembacaan data kemudian disimpan di dalam memori ROM. Untuk selanjutnya apabila ada permintaan data dari handheld khusus maka alat baca ini akan mengirimkan data yang telah selesai dicatat pada bulan sebelumnya melalui media wireless.
Hasil dari tugas akhir ini adalah terciptanya suatu sistem yang dapat diimplementasikan secara nyata untuk mempermudah proses pencatatan meter pemakaian listrik oleh PLN. Sistem ini secara keseluruhan terdiri dari dua buah perangkat pada penelitian yang berbeda namun masih dalam satu kesatuan sistem. Dan parameter keberhasilan sistem ini salah satunya adalah lancarnya proses komunikasi antara kedua perangkat tersebut.
Kata Kunci : AVR ATmega8535, RF Data Transceiver Module, KWh MeterABSTRACT: In the recording process of electrical meter, PLN uses its labor to come to customer’s house one by one for recording electrical power consumption data from KWh meter. If there is nobody at the customer’s house, recording process can’t be done. Besides, recording process manually has more chance of error. Because of that, a new system that can solve that is needed.
In this final project, researcher makes a new system that can make electrical power consumption recording process at KWh meter become easier. The system consists of microcontroller as a CPU to control recording process of electrical power at KWh meter. In that process, researcher uses the principal of KWh meter disc rotation by putting a couple of infrared sensor bellow the disc so it can detect the disc rotation. The result of data recording is saved in the ROM memory of microcontroller. If the device is received a request from handheld, this device will check the request and send the newest data a month before recent month.
The main result of the final project is a new system than can be implemented to make electrical power consumption recording of a PLNs customers easier. The system completely consists of recording device and handheld for take the data, the handheld is not in the same final project but still connect with recent project. One of success parameter of this system is recording device well communicate with handheld.
Keyword: AVR ATmega8535, RF Data Transceiver Module, KWh Meter

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Desain dan Implementasi Alat Baca KWh Meter jarak Jauh dengan Komunikasi Wireless RF Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Nugroho Jati
Perorangan
M. Ramdhani, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini