ABSTRAKSI: Pada penelitian tugas akhir ini akan dilakukan kontrol kecepatan mobil listrik berbasis sudut belok pada mobil listrik. Dengan mengatur sudut setir, pengguna dapat mengatur kecepatan supaya sesuai proporsi sudut roda kanan dan roda kiri. Sehingga mobil listrik tidak terjadi selip
Pada penelitian tugas akhir ini akan dilakukan kontrol kecepatan mobil listrik berbasis sudut belok pada mobil listrik. Dengan mengatur sudut setir, pengguna dapat mengatur kecepatan supaya sesuai proporsi sudut roda kanan dan roda kiri. Sehingga mobil listrik tidak terjadi selip
Pada implementasi hardware-nya, untuk mendapatkan sudut setir menggunakan potensio sebagai sudut setir dan diolah di mikrokontroller ATmega8535, nilai yang didapat diolah digunakan untuk sinkronisasi kecepatan motor kanan dan kiri . Kemudian mendapatkan data kecepatan dan kecepatan sudut mobil listrik, digunakan PhidgetEncoder HighSpeed yang dapat menghitung banyaknya jumlah pulsa yang dihasilkan oleh motor brushless yang dikaitkan dengan pencatatan waktunya.
Hasil yang didapatkan akan diolah dan ditampilkan di PC . Untuk implementasi softwarenya sebagai tampilan di layar PC digunakan Borland C++ Builder. Dari pengujian menunjukan bahwa penurunan dan penambahan kecepatan roda yang berbeda pada roda kanan dan roda kiri. Hasil pengukuran performansi berdasarkan respon sitem dari kontrol tersebut , dihasilkan settling time untuk belok kiri 10608ms dan untuk belok kanan 8736 ms , rise time untuk belok kiri 3120ms dan belok kanan 2496ms serta time constant untuk belok kiri 1092ms dan belok kanan 1716ms. Kata kunci: mikrokontroler, monitoring, controlling, gerak, sudut setirKata Kunci : Kata kunci: mikrokontroler, monitoring, controlling, gerak, sudut setirABSTRACT: In this final project research will be done the speed control of electric cars based on the inflection point of electric cars. By adjusting the steering angle , the user can adjust the speed of the wheel angle to fit the propotions angel right and left wheels. So that the electric car is not slippage.
In the final project, we have performed the design and implementation of software and hardware ,such as monitoring and, controlling system that display the real time parameters associated with the motion in electric car. The parameters that are monitored are speed , throttle voltage , steering or wheel angel value, which will be controlled to produce a portion of the desired speed.
In the hardware implementation, to get the steering angle or wheel angel, the system use potensio variable resistor it’s the set fant of the system the value of steering angel would be readed by microcontroller. After that microcontroller will send that data (steering angel) to cpu with serial communication. The control process will be done to CPU. The result of the control process will be sent to DAC via microcontroller to synchronize the left and the right motor speed.
The obtained value will be processed and displayed on a PC .The software of the system on CPU is C++ Builder . The Test result show that the decrease and increase the speed of the wheel wich different on the right and left wheel. The results of performance measurement system based on responses from these controls, resulting settling time 10608 ms to turn left and turn right to 8736 ms, rise time to turn left and turn right 3120 ms 2496 ms and the time constant for turn left and turn right 1092ms 1716ms.The obtained value will be processed and displayed on a PC .The software of the system on CPU is C++ Builder . The Test result show that the decrease and increase the speed of the wheel wich different on the right and left wheel. The results of performance measurement system based on responses from these controls, resulting settling time 10608 ms to turn left and turn right to 8736 ms, rise time to turn left and turn right 3120 ms 2496 ms and the time constant for turn left and turn right 1092ms 1716ms.Keyword: Keywords : microcontroller, monitoring, controlling , motion , steering wheel angle