IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI VOIP MENGGUNAKAN CODEC G.711,GSM,ILBC,DAN SPEEX PADA LOCAL AREA NETWORK

Forniawan Nanda Sekarjati

Informasi Dasar

111060099
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini jaringan komputer telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia telekomunikasi. Banyak perusahaan menggunakan jaringan komputer ini untuk dapat berkomunikasi dengan perusahaan cabang, perusahaan mitra maupun dengan pegawainya yang sedang ada di lapangan. Dahulu perusahaan menggunakan saluran berbasis leased lines atau sirkit frame relay untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang yang ada. Hal tersebut tidak efisien dan fleksibel lagi saat ini mengingat biaya yang harus dikeluarkan yang cukup mahal untuk menyewa saluran leased lines. Voice over Internet Protocol (VoIP) menjadi solusi tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Codec juga mempengaruhi dari kualitas VoIP yang diimplementasikan.

Tugas akhir ini membahas implementasi VoIP dengan berbagai macam codec audio, seperti G.711, GSM, iLBC, dan Speex. Implementasi berikutnya adalah melakukan penambahan user VoIP serta background trafik.

Hasil pada tugas akhir ini adalah semua parameter Quality of Service (QoS) VoIP kualitasnya masuk dalam standar ITU-T dan termasuk dalam kategori bagus, penambahan hingga 6 user dan background trafik hingga 95 Mbps belum mempengaruhi QoS secara signifikan. Hasil lainnya adalah nilai delay pada code iLBC dan nilai throughput pada codec G.711 menghasilkan nilai terbesar dari semua codec yang dibandingkan.Kata Kunci : VoIP, QoS, G.711, GSM, iLBC, SpeexABSTRACT: Nowadays, computer network has become an integral part in the world of telecommunication. Many companies use computer networks to communicate and exchange data with affiliates, partners and companies with employees who are currently in the field. In the past, company using leased lines or frame relay circuits channel-based to connect the central office to the branch office there. It is not efficient and flexible anymore this time considering the costs to be incurred are quite expensive to rent a leased lines channel. Voice over Internet Protocol (VoIP) into the right solutions to solve those problems. Codec also influence the quality of VoIP implementation.

This final task discuss the implementation of VoIP with various audio codec, e.g G.711, GSM, iLBC, and Speex. Next implementation that discuss is adding user and background traffic.

The results in this final task is the quality of all VoIP QoS parameter still include in ITU-T standard and has good quality, adding 6 user and background traffic until 95 Mbps not influence the QoS significantly.Keyword: VOIP, QoS, G.711, GSM, iLBC, Speex

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI VOIP MENGGUNAKAN CODEC G.711,GSM,ILBC,DAN SPEEX PADA LOCAL AREA NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Forniawan Nanda Sekarjati
Perorangan
Istikmal, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini