Perencanaan Jaringan HFC Untuk Layanan DVB-C Di Perumahan Taman Berdikari Sentosa Jakarta Timur

Dimas Ardianto Sunaryoputra

Informasi Dasar

111078013
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat khususnya pada layanan multimedia seperti video, voice, dan data serta perkembangan teknologi telekomunikasi berbasis jaringan serat optik yang kini telah tersedia, maka semakin meningkat pula kebutuhan kita akan informasi. Teknologi HFC (Hybrid Fiber Coax) merupakan salah satu yang dapat mendukung perkembangan tersebut.
Basic design dari perencanaan jaringan HFC ini adalah survei awal, yaitu mengetahui ruang lingkup jaringan sehingga dapat diketahui jumlah pelanggan, layanan yang disediakan, dan alokasi bandwidth yang digunakan. Selanjutnya melakukan survei perangkat yang akan digunakan. Survei perangkat sangat diperlukan dalam men-sketsa jaringan yang akan direncanakan. Perencanaan dilakukan dengan menggunakan perhitungan secara manual dan software cabletools untuk memudahkan perencanaan. Software ini mampu menampilkan informasi yang berguna dalam perencanaan jaringan kabel koaksial.
Hasil dari perencanaan jaringan HFC (Hybrid Fiber Coax) di Perumahan Taman Berdikari Sentosa menunjukkan bahwa perencanaan telah mencapai target yang ditetapkan, yaitu untuk CNR sebesar 43 dB, untuk CSO, CTB, dan XMod sebesar 51 dB. Dengan hasil tersebut diharapkan jaringan mampu mengirimkan sinyal yang berkualitas ke masing-masing pelanggan.
Kata Kunci : HFC, DVB-CABSTRACT: Together with the improvement of information technology especially in multimedia service such as video, voice and data and also the improvement of telecomunication technology based on fiber optic network then increasingly of information necessities that we feel today. The HFC (Hybrid Fiber Coax) would be able to support that improvement of services.
Basic design of HFC planning is area surveying that describes the space of network so that can be known the number of users, services that provided and also the allocation of bandwitdh used. And then tools surveying to scetch the network planned. Design is done by using manual calculation and cabletools software to make this planning easier. This software gives information that is useful in the coaxial network planning.
The result of this HFC Network planning (Hybrid Fiber Coax) in Taman Berdikari Sentosa Residential shows that the planning done has reached the target that has been decided that for 43 dB in CNR, and 51 dB in CSO, CTB, and XMod. The result of HFC Planning can be used to transmite signal to each user..
Keyword: HFC, DVB-C

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perencanaan Jaringan HFC Untuk Layanan DVB-C Di Perumahan Taman Berdikari Sentosa Jakarta Timur
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dimas Ardianto Sunaryoputra
Perorangan
Akhmad Hambali, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini