KOMPRESI ADAPTIF UNTUK CITRA WAJAH DENGAN METODE AUTOMATIC REGION OF INTEREST (ROI) PADA JPEG 2000

EKA ANGELINA DESIYANTI

Informasi Dasar

17 kali
111078038
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kompresi adalah aplikasi data yang dilakukan terhadap citra digital dengan tujuan untuk mengurangi redudansi dari data-data yang terdapat dalam citra sehingga dapat disimpan ataupun ditransmisikan secara efisien. Pada tugas akhir ini, kompresi dilakukan terhadap citra wajah dengan metode ROI (Region of Interest), yang merupakan penerapan dari JPEG 2000. Dalam kompresi tersebut, citra wajah manusia dikompres dengan level yang berbeda (level wavelet 0-1, 0-2, 1-1, 1-2 dan level kuantisasi 16, 64, 128) untuk bagian wajah dan latarnya, dimana hanya dibatasi satu citra wajah untuk satu gambar. Kompresi citra wajah ini disimulasikan menggunakan software Matlab 7.7.
Adapun cara yang dilakukan untuk melaksanakan simulasi adalah pengambilan sampel citra wajah sebanyak 20 orang dengan memotret sendiri dan download dari internet, melakukan segmentasi kulit wajah dengan mengecrop bagian wajah, serta memisahkan bagian wajah dan bagian latar. Kemudian melakukan proses kompresi JPEG 2000, yang meliputi encoder (wavelet, kuantisasi, dan encoding) dan decoder (decoding, dekuantisasi, dan invers wavelet).
Setelah disimulasikan, maka dilakukan analisis terhadap kualitas citra hasil kompresi dengan menggunakan nilai RMSE (Root Mean Square Error), PSNR (Peak Signal to Noise Ratio), dan MOS (Mean Opinion Score). RMSE dan PSNR merupakan penilaian objektif, dimana suatu citra hasil kompresi akan dibandingkan dengan citra aslinya menggunakan suatu rumus perhitungan tertentu. Sedangkan MOS merupakan penilaian subjektif, dimana penilaiannya didasarkan pada pendapat seseorang terhadap citra hasil kompresi dan citra aslinya.
citra hasil kompresi dengan level wavelet 0-1 dan level kuantisasi 128. Dimana pada level tersebut, citra hasil kompresi memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari aslinya dan dari segi detail warnanya pun lebih baik daripada level yang lain.
Kata Kunci : JPEG 2000, ROI (Region of Interest), RMSE (Root Mean Square Error),ABSTRACT: Compression is an application data to reduce redundancy, so it can be saved and transmitted efficiently. In this research, the object of compression is face image, which only one face in a picture. This compression implemented using ROI (Region of Interest) method in JPEG 2000. In this research, face and background compressed using different level (wavelet level 0-1, 0-2, 1-1, 1-2 and quantization level 16, 64, 128) and simulated using Matlab 7.7.
The simulation steps are take twenty datas of image, segmented of skin face, separated face part from background part, and JPEG 2000 compression steps, such as encoder (wavelet, quantization, encoding), and decoder (decoding, dequantization,inverse wavelet).
After simulating, the quality of image compression be analyzed using RMSE (Root Mean Square Error), PSNR (Peak Signal to Noise Ratio), and MOS (Mean Opinion Score). RMSE and PSNR are objective parameter which compression image be compared with origin image using an formula. And MOS is subjective parameter which quality of compression based on opinion from some people.
Based on the analysis of quality and performance image, the best quality of compression image is compression image using 0-1 wavelet level and 128 quantization level.
Keyword: JPEG 2000, ROI (Region of Interest), RMSE (Root Mean Square Error),

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

KOMPRESI ADAPTIF UNTUK CITRA WAJAH DENGAN METODE AUTOMATIC REGION OF INTEREST (ROI) PADA JPEG 2000
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKA ANGELINA DESIYANTI
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini