PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA KALENG BERMOTOR SEBAGAI PENDETEKASI SINYAL WIFI

Meyda Putri Juanita

Informasi Dasar

111078083
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam pengerjaan Tugas Akhir ini, telah dirancang dan direalisasikan suatu antena kaleng bermotor sebagai pendeteksi sinyal WiFi (Wireless Fidelity). Perancangan ini terdiri dari dua bagian, yaitu antena kaleng yang diatur kerjanya oleh mikrokontroller AVR ATMega 8535 dan didukung oleh motor DC, berfungsi untuk mengatasi kelemahan sinyal, sehingga sensitifitas penerima akan lebih peka dan aplikasi pendeteksi sinyal pada PC yang menggunakan software Microsoft Visual Basic, berfungsi untuk mendeteksi kualitas sinyal wireless (wifi) pada setiap sudut rotasi dan menggambar (plotter) dalam bentuk grafik signal sensitivity antena kaleng pada setiap sudut rotasi. Sistem pendeteksi ini akan membuat pengguna akses jaringan wireless mendapatkan sinyal yang lebih baik.
Dari hasil pendeteksian, dengan menggunakan antena kaleng telah didapatkan sinyal yang lebih baik daripada tanpa menggunakan kaleng. Hasilnya didapatkan kualitas sinyal lebih besar 2x lebih baik daripada tanpa menggunakan antena kaleng. Untuk penggunaan antena kaleng, level sinyal yang terdeteksi sebesar 24 %, sedangkan tanpa penggunaan antena kaleng, level sinyal yang terdeteksi sebesar 10 %.Kualitas sinyal yang lebih baik ini didapatkan dari antena kaleng yang berputar 360° dan kembali ke sudut rotasi dengan sinyal WiFi yang lebih baik.
Untuk posisi USB WiFi diletakkan mengarah kedepan, karena posisi tersebut mengarah tepat ke Akses Point itu terdeteksi. Sedangkan untuk posisi arah samping dan arah horisontal tidak tepat mengarah ke Akses Point. Terjadi pergeseran sudut dari yang seharusnya mengarah pada sudut 142.5° ternyata untuk yang mengarah ke samping sudah terdeteksi pada sudut 37.5°, ini berarti mengalami pergeseran sudut sebesar 105° dan pada posisi hotisontal terdeteksi pada sudut 262.5°, berarti mengalami pergeseran sudut sebesar 120°.
Kata Kunci : Kata Kunci : WLAN 2.4 GHz, Wi-fi, AVR ATMega 8535, Motor DC 24 VoltABSTRACT: End Task In this work, has been designed and realized a motorized antenna as the detector can signal WiFi (Wireless Fidelity). The design consists of two parts, the antenna can work regulated by ATMega 8535 AVR microcontroller and powered by a DC motor, serves to overcome the weakness of the signal, so the sensitivity will be more sensitive receiver and signal-detection application on a PC that uses Microsoft Visual Basic software, works to detect the signal quality of wireless (wifi) at every angle of rotation and drawing (plotter) in graphical form can signal sensitivity antenna on each corner of the rotation. This detection system will create a wireless network access user to get a better signal.
From the results of detection, by using the antenna can have obtained a better signal than without using the cans. The results obtained higher signal quality 2x better than a can without using an antenna. Signal quality is better obtained from a rotating antenna cans and 360 ° rotation with kesudut return WiFi signal better.
Position of USB WiFi direct set up appropriate with tin can antenna, because this facing in a certain direction with detected Access Point. For beside and horizontal direction not appropriate to Access Point. In this case, happen rotate angle from angle 142.5°,but actually direct with beside position detected at angle 37.5°, so this case happen rotation with angle 105° and for horizontal position was detected at angle 262.5°, So this case happen rotation with angle 120°
Keyword: Keyword : WLAN 2.4 GHz , Wi -fi, AVR ATMega 8535, DC Motor 24 Volt

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA KALENG BERMOTOR SEBAGAI PENDETEKASI SINYAL WIFI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Meyda Putri Juanita
Perorangan
Mohammad Ramdhani, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini