PERHITUNGAN JUMLAH MANUSIA BERDASARKAN SHAPE RATIO WAJAH MANUSIA BERBASIS ANDROID

Ermanto Risyad

Informasi Dasar

111080015
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem perhitungan jumlah manusia selama ini dilakukan secara manual. Perhitungan secara manual ini biasanya dengan cara perhitungan satu persatu jumlah manusia dalam proses perhitungan.

Tugas akhir ini meneliti salah satu aplikasi dari sistem deteksi manusia dengan menggunakan Smarthphone OS Android untuk menghitung jumlah objek yang ada dalam suatu gambar. Tugas akhir ini difokuskan jumlah manusia dianggap sebagai jumlah wajah manusia yang terdeteksi pada objek. Masukan pada simulasi berupa citra manusia yang diambil dengan menggunakan kamera pada smartphone. Bagian yang diproses adalah bagian wajah manusia yang dideteksi berdasarkan ukuran rasio wajah (Shape Ratio) yaitu dengan mengambil daerah wajah sebagai ciri penunjuk wajah. Sedangkan keluaran dari simulasi ini berupa jumlah manusia yang terdapat didalam ruangan tersebut berdasarkan jumlah wajah yang telah dideteksi.

Dalam pengujiannya aplikasi ini menggunakan lima parameter. Pertama adalah jarak antara objek dan kamera, lalu yang kedua adalah intensitas cahaya, lalu ketiga adalah perubahan sudut rotate pengambilan citra inputan dan yg kempat dan kelima pengaruh terhadap noise. Akurasi terbaik pada saat pengujian pertama adalah 98,3 % yaitu ketika jaraknya 160cm dan akurasi pada pengujian kedua adalah 100%, pada saat siang hari, sore hari, sore hari menggunakan flash dan pada saat malam hari menggunakan flash. Dan pada saat percobaan ketiga, rata-rata sistem tidak mampu mendeteksi jumlah manusia jika sudut masukan citra diganti. Sedangkan untuk pengaruh noise sistem hanya mampu mendeteksi jumlah manusia jika noise yang diberikan tidak terlalu besar. Tingkat akurasi sistem ini secara keseluruhan adalah 96%.Kata Kunci : Perhitungan Jumlah Manusia, Shape Ratio, AndroidABSTRACT: System for the calculation of the number of man is done manually. This manual calculation by calculating his regular one by one the number of people in the calculation process.

This thesis examines one of the applications of human detection system using Android OS Smarthphone to count the number of objects present in an image. This thesis focused on the number of people considered the number of detected human face on the object. Put on a simulated human image taken using the camera on a smartphone. Processed part is part of the human face is detected based on the ratio of the size of the face shape (Shape Ratio) is by taking the facial area as characteristic facial pointer. While the output of the simulation contained a number of people in the room based on the number of faces that have been detected.

In testing this application uses five parameters. The first is the distance between the object and the camera, and the second is the intensity of light, and the last one is the change in angle rotate image inputan. best accuracy decision at the time of the first test was 98.3%, ie when the distance is 160cm and accuracy the second test was 100%, during the day, afternoon, and evening using a flash at night using a flash. And by the time the third experiment, the average system is not capable of detecting the number of people if the angle input image is replaced. The accuracy rate of the system as a whole is 96%.Keyword: Calculation of Number of People, Shape Ratio, Android

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERHITUNGAN JUMLAH MANUSIA BERDASARKAN SHAPE RATIO WAJAH MANUSIA BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ermanto Risyad
Perorangan
Gelar Budiman , Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini