PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN DAN KONTROL KWH METER DIGITAL BERBASIS IP

BUDI RIANDY

Informasi Dasar

111080139
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: KWh meter merupakan suatu alat untuk mengukur besar pemakaian energi listrik dengan satuan “kilowatt hour”. KWh meter yang beredar saat ini belum memiliki fitur pemantauan jarak jauh, sehingga proses untuk melakukan pemantauan, pembacaan nilai energi listrik, serta melakukan pemutusan dan menghidupkan kWh meter dilakukan secara langsung ke tempat pelanggan. Tentunya hal ini akan memakan waktu yang lama dan pelayanan menjadi kurang memuaskan.

Pada penelitian tugas akhir ini akan dibuat suatu perancangan sistem pemantauan dan kontrol kWh meter digital berbasis IP. KWh meter digital ini dilengkapi perangkat mikrokontroler dan perangkat modul ethernet. Perangkat ini akan menjadi suatu sistem yang saling terintegrasi, sehingga mampu berkomunikasi dengan perangkat server di jaringan internet.

Hasil dari tugas akhir ini menghasilkan suatu sistem pemantauan dan kontrol kWh meter digital berbasis IP. Sistem ini akan terintegrasi dengan server, dapat dikontrol dari aplikasi server, mampu mengirimkan data nilai energi listrik yang terbaca ke server, dan memiliki layanan untuk mematikan atau menghidupkan jalur beban ke pelanggan.Kata Kunci : kwh meter,IP,ethernet,server,internet.ABSTRACT: KWh meter is an instrument for measuring electrical energy (kilowatt hour). KWh meter circulating currently haven’t remote features remotely, so the process for controlling, reading kWh power value, and then terminate and turn kWh meters are made directly to the customer. Obviously this will take a long time and the service to be less than satisfactory.

In this final study will be made of a IP-based system designed for monitoring and control of digital kwh meter. Digital KWh meter is equipped with a microcontroller device and device network modules. This device will be a system of mutually integrated, so they can communicate with servers on the Internet.

The results of this final project are produce monitoring and control system designed of digital kwh meter based on IP. System will integrated with the server, can be controlled from the application server, capable of transmitting data values kWh meter is read to the server, and have a service to turn off or on electrical lines to customers.Keyword: kwh meters,IP,ethernet,server,internet.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN DAN KONTROL KWH METER DIGITAL BERBASIS IP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUDI RIANDY
Perorangan
Muhammad Ramdhani , Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini