PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE APLIKASI LAYANAN INFORMASI POSISI BUS DAMRI BERBASIS GPS, GIS DAN GPRS

Irma Nurhasanah

Informasi Dasar

111080229
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Bus damri merupakan salah satu sarana transportasi umum yang terdapat di kota Bandung. Untuk jarak-jarak tertentu, kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan Bus Damri karena dianggap lebih efisien dibanding dengan sarana transportasi umum lainnya. Jumlah bus damri yang terbatas mengakibatkan para calon penumpang sering menunggu bus tanpa tahu bus tersebut datangnya kapan. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, pada tugas akhir ini dirancang suatu aplikasi layanan informasi posisi bus damri. Dengan adanya aplikasi ini para calon penumpang dapat mengetahui posisi bus sehingga dapat memperkirakan waktu kedatangan bus.

Aplikasi layanan informasi posisi bus damri merupakan suatu aplikasi yang memanfaatkan teknologi GPS untuk mendapatkan koordinat suatu objek di permukaan bumi dan GPRS sebagai media transfer data. Perangkat GPS tracker yang terdiri dari modul GPS,GPRS dan mikrontroler diletakkan didalam bus damri yang sedang diamati sehingga koordinat bus dapat diketahui dan dikirimkan ke server. Di sisi server sudah dibuat program untuk mengolah data koordinat tersebut.

Letak koordinat bus tersebut akan di-visualisasikan pada peta digital sehingga user dapat melihatnya dalam web. Akurasi posisi bus pada peta digital dengan posisi yang sebenarnya sebesar 90%. Dengan adanya sistem ini, calon penumpang dapat mengetahui posisi bus, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang untuk menunggu bus.Kata Kunci : GPS, GPRS, serverABSTRACT: -Keyword: -

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE APLIKASI LAYANAN INFORMASI POSISI BUS DAMRI BERBASIS GPS, GIS DAN GPRS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Irma Nurhasanah
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Alfian Akbar Gozali
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini