ABSTRAKSI: Watermark atau tanda air bisa diartikan sebagai suatu teknik untuk menyembunyikan atau menyisipkan suatu informasi rahasia kedalam suatu data (citra, audio, atau video) dengan teknik tertentu untuk melindungi sebuah hak cipta, dimana data yang disisipi ini tidak terlihat oleh mata manusia secara langsung, tetapi harus menggunakan teknik tertentu untuk mengetahui apakah data itu sudah terwatermark atau belum. Informasi yang disisipkan juga harus tahan terhadap berbagai serangan seperti rotasi,resize,compresi,dll. Serta data host (sebutan untuk data yang akan disisipkan) yang telah disisipi harus terlihat sama seperti data aslinya (data sebelum disisipi informasi).
Pada tugas akhir ini dilakukan analisis dan implementasi watermarking citra digital kedalam audio digital menggunakan teknik Psychoacoustic Static, teknik Psychoacoustic Dynamic dan Temporal Masking kemudian mengimplementasikannya dalam bentuk perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk menyisipkan data serta dapat mengekstraksi data sisip dalam data terwatermark. Tipe berkas audio yang digunakan bertipe WAV dan untuk citranya bertipe BITMAP dengan jenis black&white. Perangkat lunak yang digunakan adalah Matlab, dibangun untuk menguji apakah data yang disisipi tidak mudah rusak (robust), tahan terhadap berbagai serangan serta tidak mudah dirubah (fragile).
Pengujian dengan menggunakan 20 lagu dari genre yang berbeda, menggunakan teknik Psychoacoustic Static dihasilkan nilai rata-rata terbesar BER adalah 0.156915. Sedangkan teknik Psychoacoustic Dynamic menghasilkan nilai ratarata BER terbesar adalah 0.14659. dan Temporal Masking menghasilkan nilai ratarata BER terbesar adalah 0.1841.Kata Kunci : Kata Kunci : Watermark, Psychoacoustic Dynamic, Temporal Masking, WAV,ABSTRACT: Watermark is a technique to hiding some secret information into a data digital (image, audio, video) with specific techniques to protect a copyright, where the data which inserted is not visible by human eyesbut need to using a specific techniques to know whether the data had been watermarked or not. The information that had been inserted also need to resistant against various attack such as rotation, resize compression, and another else. Also data host (call for data to be inserted) that had been inserted should be look like the same as the original data (data before inserted the information).
In this final project, will be done the analysis and implementation of watermarking a digital image into an audio digital using Static Psychoacoustic technique, Dynamic Psychoacoustic technique, and Temporal Masking and then implement them into a software that has the ability to insert data and also can extract data objects that are on the watermark. Audio file type to be used in this final project are the WAV type and for the image will be used the BITMAP file type with the type black & white. The software used was matlab, constructed to be able to test whether the data that inserted are not easy to damage (robust) and resistant to various attack and is not easily to changed.
Testing using 20 songs from different genre, using Psychoacoustic Static techniques produced the average value of BER is 0.156915. While using Psychoacoustic Dynamic technique produced the higest average value of BER is 0.14659. And Temporal Masking produced the average average BER is 0.1841.Keyword: Key Word : Watermark, Dynamic Psychoacoustic technique, Temporal Masking,