Perancangan indoor building coverage (ibc)pada jaringan umts studi kasus gedung fakultas elektro it telkom

Agil Firnando

Informasi Dasar

111081064
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sinyal yang bagus di dalam gedung merupakan salah satu bagian yang penting dalam menarik dan memuaskan pelanggan mobile cellular. Biasanya coverage dari jaringan outdor dapat mencakup ke dalam sebuah gedung yang bertingkat dan mempunyai banyak ruangan didalamnya. Kapasitas data yang lebih besar dan kemampuan dari jaringan UMTS memberikan servis data dengan kecepatan tinggi merupakan kebutuhan yang sangat penting pada jaringan seluler. Gedung Fakultas Elektro IT TELKOM merupakan salah satu gedung yang mempunyai banyak ruangan dan bangunanya yang bertingkat, sehingga akan mengakibatkan lemahnya jaringan sinyal UMTS di dalam gedung tersebut. Padahal gedung tersebut merupakan tempat pembelajaran yang berbasis teknologi informasi (IT). Oleh sebab maka sangat diperlukan jaringan komunikasi yang baik sebagai penunjang dalam berkomunikasi.Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibangun suatu jaringan seluler UMTS indoor atau IBC (Indoor Building Coverage).

Sistem IBC (Indoor Building Coverage) adalah cara untuk memperbaiki kualitas sinyal dalam ruangan dan untuk membantu memodelkan propagasi indoor. Untuk perancangan IBC UMTS di gedung fakultas elektro IT TELKOM menggunakan softwareTEMS dalam melakukan Walk Test, perencanaan coverage area serta link budget dengan menggunakan Cost 231 Multiwall model dan mensimulasikannya dengan software RPS.

Melalui perhitungan link budget dengan menggunakan Cost 231 Multiwall model didapatkan jumlah cell yang dibutuhkan yaitu 9 cell yang terbagi ke 3 lantai yang ada. Berdasarkan simulasi yang dilakukan maka didapatkan rata-rata daya terima di gedung fakultas elektro IT TELKOM adalah sebesar -33.57 dbm. Hal ini menunjukkan perubahan yang signifikan dari hasil yang didapatkan pada saat walkt test sebesar -91.76 dbm. Dengan kata lain perancangan ini menunjukkan hasil yang lebih baik daripada hasil walktest dan telah memenuhi standar KPI.

Kata Kunci : Indoor building coverage(IBC), Walkt Test,UMTS.ABSTRACT: Good signal inside the building is one important part in attracting and satisfying customers of mobile phones. Usually outdor coverage of the network can not cover in a multi-storey building and has a lot of room in it. Larger data capacity and capabilities of the UMTS network to provide high speed data service is a very important requirement in mobile networks. Faculty of Electrical Building IT TELKOM is one of many building that has a lot of room and multi storied building so will result the poor network UMTS signal inside the building. Though the building is a place of learning based on information technology (IT). Therefore, it is necessary that both the communication network supporting communication. To overcome these problems need to be built an indoor UMTS cellular networks or IBC (Indoor Building Coverage).

IBC Systems (Indoor Building Coverage) is the way to improve indoor signal quality and to help the indoor propagation model. For the design of UMTS IBC faculty building electro IT TELKOM using TEMS software in performing Walk Test, planning coverage area and link budget using multiwall 231 Cost model and simulate the RPS software.

Through the link budget calculation using multiwall Cost 231 Model earned the required number of cell is 9 cell that is divided into 3 floors. Based on the simulations carried out are obtained average power received in the faculty building electro IT TELKOM is equal to -33.57 dbm. This shows a significant change of the results obtained during walk tests of -91.76 dbm. In other words, this design shows better results than the results walktest and meets KPI standards.Keyword: Indoor building coverage (IBC), Walkt Test, UMTS.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan indoor building coverage (ibc)pada jaringan umts studi kasus gedung fakultas elektro it telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agil Firnando
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini