OPTIMALISASI PERBAIKAN JARINGAN KABEL TEMBAGA DI STO MATARAM CENTRUM YANG MENDUKUNG SALURAN BROADBAND

GHEA LUCKYAZARA

Informasi Dasar

111081087
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Agar Jaringan komunikasi terpelihara berkesinambungan dan hubungan antar terminal baik, maka harus di jaga kehandalannya secara terus menerus sesuai spesifikasi teknik yang disyaratkan sehingga nilai tambah dari saluran tersebut dapat optimal. Oleh karena itu, supaya beban biaya dapat ditekan, perlu perencanaan yang baik dengan skala prioritas.

Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian untuk dapat mengoptimalkan penggunaan jaringan kabel tembaga yang sudah ada di STO Mataram Centrum agar berdaya guna dan dapat mendukung saluran broadband. Dimana di daerah ini penggunaan dan antusias pelanggan terhadap jaringan kabel tembaga masih cukup besar. Untuk itu diharapkan dalam penanganan perbaikan ini dapat langsung bermanfaat bagi calon pelanggan atau pelanggan eksisting lainnya. Adapun alat-alat pendukung yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Tollgrade, Megger Insulation Tester, Fault Locator, dan AVO Meter.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan pengukuran untuk mengetahui kerusakan, posisi kerusakan dan menganalisis jaringan kabel yang mendukung saluran broadband. Dari hasil pengukuran ini telah di analisis letak kerusakan banyak terdapat di SSK (sarana sambung kabel) dan penyebab utama kerusakan karena lembab yang menyebabkan kabel kemasukan air dan terjadi gangguan yang meenyebabkan saluran tersebut tidak dapat broadband. Dari pengukuran itu telah dilakukan optimalisasi perbaikan jaringan kabel tembaga hingga 97% jaringan di kabinet Rumah Kabel RA telah mendukung saluran broadband.

Kata Kunci : jaringan kabel tembaga, optimalisasi perbaikan, broadbandABSTRACT: To be maintained continuous communication networks and relationships between both terminals, then it must be on guard constantly reliability engineering specifications required so that the value of the channel can be optimized. Therefore, so that costs can be reduced, it should be a good plan with priorities.

In this case, the authors conducted a study in order to optimize the use of copper wiring that is already in STO Mataram Centrum so efficient and can support broadband channel. Where in this area usage and customer enthusiasm for copper cable network is still quite large. For that is expected in the handling of this improvement can be directly beneficial to prospective customers or existing customers more. The support tools that will be used in this research is Tollgrade, Megger Insulation Tester, Fault Locator, and AVO Meter.

In this final measurement for damage, breakage and analyze the position of the cable network that supports broadband channel. From the results of these measurements have on the analysis of the location of the damage are common in SSK (means of connecting wires) and a major cause of damage due to moisture that causes the cable to enter waters and the meenyebabkan channel interference can not be broadband. Of measurements have been made of copper cable network optimization improvements up to 97% of network cables in the cabinet house RA has supported broadband channels

Keyword: copper wire networks, optimization of repair, broadband

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

OPTIMALISASI PERBAIKAN JARINGAN KABEL TEMBAGA DI STO MATARAM CENTRUM YANG MENDUKUNG SALURAN BROADBAND
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHEA LUCKYAZARA
Perorangan
Asep Mulyana, Ridha Muldina Negara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini