PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP BENTUK RECTANGULAR UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI PADA FREKUENSI S-BAND DENGAN PENCATUAN LIPATAN SIKU

Tito Anugrah Perdana

Informasi Dasar

111081115
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi RADAR adalah teknologi yang penting dan sedang berkembang. Teknologi ini mempunyai fungsi deteksi, yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pengawasan dan keamanan di Indonesia. Daerah yang memerlukan pengawasan dan keamanan dengan memanfaatkan RADAR salah satunya adalah pantai, khususnya pantai di pulau-pulau terluar di Indonesia. Dengan menggunakan RADAR, pengawasan dan keamanan di daerah ini dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif. Salah satu bagian RADAR yang berperan penting adalah Antena. Antena ini mampu melakukan proses kirim-terima sinyal yang mendeteksi keberadaan suatu objek di sekitar RADAR dalam jarak tertentu.
Pada Tugas Akhir yang berjudul “PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP BENTUK RECTANGULAR UNTUK APLIKASI RADAR PENGAWAS PANTAI PADA FREKUENSI S-BAND DENGAN PENCATUAN LIPATAN SIKU” ini membahas mengenai penbuatan antena dengan menggunakan pencatuan lipatan siku (kombinasi antara pencatuan probe coaxial dan mikrostrip line) dengan bentuk patch rectangular, dengan memisahkan dimensi antara patch dengan feeding-nya. Pada Tugas Akhir ini digunakan software CST Microwave Studio 2010.
Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu direalisasikannya perancangan empat elemen antena array patch rectangular yang bekerja pada S-Band untuk aplikasi RADAR pengawas pantai, dilengkapi dengan analisis bahwa antena ini bekerja pada rentang frekuensi 2,97 – 3,03 GHz, memiliki VSWR < 1,8, bandwidth ±60 MHz, dan gain >6 dBi.
Kata Kunci : Antena Mikrostrip, Radar Pengawas Pantai, Bandwidth, Lipatan Siku, S-BandABSTRACT: RADAR Technology is an important and developing technology. This RADAR Technology has function to detect, that can respectively used in surveillances and security in Indonesia. One of many areas which must being secured and supervised by using RADAR is coastal areas, specially that are located at the farthest islands of Indonesia. By applying this technology, the works of surveillances and security in those area could be well-implemented and effective. And one of many parts in RADAR that is Antenna. The Antenna can distribute the signal to detect the existing of objects or materials at certain distance.
This Final Task be entitled “Design and Realisation of Rectangular Patch Array Microstrip Antenna for Coastal Surveillance Radar at S-Band Frequency by Perpendicularly-Folded Feeding” explains about the making of Antenna by using perpendicularly-folded feeding (combining probe coaxial and microstrip line feeding technique) in rectangular patch array antenna. This Final Task used CST Microwave Studio 2010 to design the model.
The measurement results from this research is the rectangular patch array antenna that works at S-Band frequency for Coastal Surveillance RADAR application. And then, the antenna also completed by analysis that the antenna works well in 2,97-3,03 GHz, with VSWR < 1,5, bandwidth ±60 MHz, and gain >6 dBi.
Keyword: Microstrip Antenna, Coastal Surveillance RADAR, Bandwidth, Perpendicularly-Folded, S-Band

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP BENTUK RECTANGULAR UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI PADA FREKUENSI S-BAND DENGAN PENCATUAN LIPATAN SIKU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tito Anugrah Perdana
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini