Simulasi Kompresi Dekompresi dan Enkripsi Dekripsi Teks Menggunakan Algoritma Arithmetic Code dan Enkripsi A5/2

Rio Tirabosa Kartaatmadja

Informasi Dasar

111088097
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tugas akhir kali ini akan dibahas tentang metoda kompresi dan enkripsi pada teks, dimana pengimplementasiannya seperti pada pengiriman e-mail. Kompresi dilakukan untuk mengatasi keterbatasan bandwidth sedangkan enkripsi dipakai sebagai security yaitu untuk mencegah pencurian data saat proses komunikasi oleh pihak yang tidak berhak. Oleh karena itu, pada tugas akhir kali ini, penulis melakukan simulasi kompresi dengan menggunakan metoda Arithmetic Code dan enkripsi dengan menggunakan algoritma A5/2. Kegunaan tugas akhir ini dapat dipakai untuk pengiriman teks yang terkompresi sehingga bitnya semakin kecil, dan terenkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya. Untuk kedepannya, tugas akhir ini dapat dipakai untuk penyimpanan data yang terkompresi dan terenkripsi.

Arithmetic code merupakan salah satu kompresi data, dimana data tersebut nantinya akan berbentuk menjadi sebuah nilai peluang, sedangkan A5/2 merupakan bentuk enkripsi yang menggunakan LFSR (Linear Feedback Shift Register) yang bit output dari kuncinya akan di-Xor dengan bit pesannya. Lalu akan dihitung seberapa besar kompresinya dan kemampuan enkripsinya, dan diharapkan hasil dari dekripsi dan dekompresinya akan kembali seperti teks semula, seperti pada saat sebelum di kompresi dan enkripsi.

Adapun hasil kompresi terbaik dicapai saat pesan ada dalam kondisi terbaik, jumlah iterasi yang lebih banyak dan jumlah karakter yang lebih banyak seperti pada hasilnya, dimana faktor dan rasio kompresi untuk 1000 karakter dan iterasi 5 karakter sebesar 4.166666667 dan 0.24, sedangkan faktor dan rasio kompresi untuk 1000 karakter dan iterasi 15 karakter sebesar 13.88888889 dan 0.072. Semakin besar jumlah iterasi, maka semakin cepat waktu kompresi.Kata Kunci : arithmetic code, bandwidth, dekompresi, dekripsi, enkripsi, enkripsi A5/2, kompresi, security.ABSTRACT: In this final project will be discused about teks compression and encryption method, where the implementation is used on e-mail. Compression is used for preventing bandwidth limitation, encryption is used for security, that work for preventing data stealing at communication proccess by unauthorized individual. Therefore, in this final project, writer will do compression simulation using arithmetic code and encryption simulation using A5/2 algortihm. This final project is useful for text transmission, so bit size is minimize, and it encrypted so it can keep data integrity. For the future, this final project can be used for data stored, when the data is compressed and encrypted.

Arithmetic code represent as one of data compression, later the data would shape to be probability value, while A5/2 represent as encryption shape from LFSR (Linear Feedback Shift Register) who has output bits and will be Xor’ed with message bits. Then it will be counted how much compression factor, and encryption ability, and result expected from output decryption and decompression, would be like initialy text, like text who have no compression and encryption.

The best compression result can be achieved when the message is on very good condition, bigger number of iteration, and bigger number of character like the result, when compression factor and ratio for 1000 character and the number of iteration is 5 are 4.166666667 and 0.24, when compression factor and ratio for 10,000 character and number of iteration is 15 are 13.88888889 and 0.072. The number of iteration is bigger then compression time is faster.Keyword: A5/2 encryption, arithmetic code, bandwidth, compression, cryptography, decryption, decompression, encryption, security.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Simulasi Kompresi Dekompresi dan Enkripsi Dekripsi Teks Menggunakan Algoritma Arithmetic Code dan Enkripsi A5/2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rio Tirabosa Kartaatmadja
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Hertog Nugroho PhD
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini