PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP RECTANGULAR PADA UHF (860-960 MHz) DENGAN DGS (DEFECTED GROUND STRUCTURE) BENTUK OKTAGONAL UNTUK APLIKASI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION)

TOMY SIMAMORA

Informasi Dasar

111090004
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: RFID (Radio Frequency Identification) merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap suatu objek dengan mentransmisikan pulsa gelombang radio. Salah satu elemen pendukung kinerja dari RFID adalah perangkat transmisi yang sesuai dengan karakteristik dari RFID itu sendiri. Perangkat transmisi yang dimaksud adalah antena.

Pada Tugas Akhir yang berjudul “Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Rectangular pada UHF (860-960 MHz) dengan DGS (Defected Ground Structure) bentuk Oktagonal untuk Aplikasi RFID (Radio Frequency Identification)” membahas mengenai pembuatan antena mikrostrip dengan patch bentuk rectangular menggunakan teknik DGS berbentuk oktagonal untuk aplikasi RFID, tujuannya adalah memperoleh kinerja antena yang maksimal dengan cara meminimalisir efek dari surface wave yang terjadi pada antena mikrostrip saat substrat yang digunakan memiliki nilai konstanta dielektrik lebih besar dari 1. DGS ini diletakkan pada bidang pentanahan dari substrat. Antena RFID yang akan dibuat bekerja pada rentang frekuensi UHF yakni pada frekuensi 860-960 MHz.

Pada tugas akhir ini telah dilakukan studi dengan mengamati parameter antena mikrostrip dengan DGS bentuk Oktagonal agar dapat beroperasi pada frekuensi 860-960 MHz. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa DGS bentuk Oktagonal berhasil memperbaiki parameter antena yaitu VSWR, Gain dan Bandwidth. Namun, bandwidth yang diperoleh masih belum memenuhi spesifikasi yaitu 100 MHz, maka dalam tugas akhir ini juga diterapkan pencatuan menggunakan saluran mikrostrip dengan tambahan patch CPW (Coplanar Waveguide) agar memiliki impedance bandwidth sebesar 100 MHz.

Kata Kunci : DGS, Surface Wave, Impedansi, Return Loss, Bandwidth, GainABSTRACT: RFID (Radio Frequency Identification) is one of the applications that are used to identify an object by transmitting pulses of radio waves. One supporting element that of RFID is the transmission device which according to the characteristics of RFID itself. That transmission device is an antenna.

In this final assignment which entitled “Design and Realization of Rectangular Microstrip Antenna at UHF (860-960 MHz) with DGS (Defected Ground Structure) Octagonal shape for RFID (Radio Frequency Identification) applications, discuss the making of the microstrip antenna using rectangular shape patch and DGS octagonal shape for RFID applications. The goal of this research are to obtain the maximum performance of the antenna in a way to minimize the effects of surface wave that occurs a microstrip antennas that using a substrate with dielectric constant greater than 1. DGS is placed on the ground plane of the substrate. RFID antenna is designed to be worked on the UHF frequency at 860 – 960 MHz.

In this final study was conducted by observing the parameters of a microstrip antenna with DGS Octagonal shape so that it can operate at a frequency of 860-960 MHz. From the simulation results showed that DGS Octagonal form has improved antenna parameters that VSWR, Gain and Bandwidth. However, the bandwidth that still do not meet the specification of 100 MHz, then the final project also implemented feeding using microstrip line with an additional patch CPW (coplanar waveguide) that has an impedance bandwidth of 100 MHz

Keyword: DGS, Surface Wave, Impedansi, Return Loss, Bandwidth, Gain

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP RECTANGULAR PADA UHF (860-960 MHz) DENGAN DGS (DEFECTED GROUND STRUCTURE) BENTUK OKTAGONAL UNTUK APLIKASI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TOMY SIMAMORA
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Defected Ground Structure 27 June, 2022
Natagayatrii – NATA GAYATRI
Topik yg dipilih sangat membantu sebagai referensi
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini