PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CITRA DIGITAL WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) BERBASIS ANDROID

Rita Ayu Wandira

Informasi Dasar

111090082
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pertukaran informasi mengalami perkembangan yang signifikan, dapat terlihat dari media yang banyak dipergunakan saat ini adalah media digital, seperti internet. Salah satu perangkat yang menawarkan penggunaan internet secara mudah adalah android. Saat ini smartphone berbasis android sedang booming dikalangan masyarakat dunia dikarenakan banyak kemudahan yang ditawarkan. Kemudahan yang seharusnya memberikan keuntungan bagi kita ternyata memiliki sisi negatif. Misalnya pencurian data digital yang dikirim lewat internet dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya kemudahan tersebut seseorang dapat dengan mudah menyalin, mendistribusikan dan/atau mengubah isi dari data digital tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik yang dapat menangani permasalahan tersebut, terutama hal yang menyangkut label hak cipta. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah watermarking. Watermarking merupakan suatu teknik untuk menyembunyikan atau penanaman data atau informasi (citra watermark) ke dalam suatu data digital utama, yang disebut dengan citra host, dengan tujuan tertentu. Ada dua jenis watermarking, yaitu visible watermarking dan invisible watermarking. Pada tugas akhir ini, jenis watermarking yang digunakan adalah invisible watermarking, dimana hasil dari proses watermarking tidak diketahui kehadirannya oleh indera manusia dan mampu menghadapi proses-proses pengolahan sinyal digital sampai pada tahap tertentu. Pengolahan citra digital pada watermarking dapat dilakukan pada domain spasial dan domain frekuensi.

Dalam tugas akhir ini telah dirancang watermarking berbasis android. Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler. Sedangkan pengolahan citra digital menggunakan domain frekuensi, dimana pixel-pixel ditransformasikan ke dalam domain frekuensi menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT).

Dari hasil penelitian, sistem watermarking menghasilkan performansi imperceptibility yang baik dilihat dari nilai MSE dan PSNR. Nilai PSNR tertinggi yang dihasilkan dari sistem ini sebesar 48,13 dan nilai MSE sebesar 0,1 pada citra host Mawar512.bmp dengan citra logo yang disisipkan berukuran 16x16 pixel. Namun, waktu proses penyisipan pada sistem watermarking dengan citra host berukuran 512x512 pixel memerlukan waktu 3 lipat lebih lama dibandingkan dengan waktu proses sistem penyisipan pada citra host berukuran kecil yaitu 1347 milidetik sedangkan pada citra host berukuran 256x256 pixel memerlukan waktu 445 milidetik .Kata Kunci : watermarking, label hak cipta, discrete wavelet transform, AndroidABSTRACT: Exchange of information has improved significantly, it can be seen from the many media used today are digital media, such as the internet. One device that offers easy Internet use is android. Currently android-based smartphones is booming among the people of the world due to the many conveniences it offers. Ease that should give you an advantage for us turned out to have a negative side. For instance the data digitalstealing which send through the internet can be abused by person who are not responsible. With the ease, person can be easily copied, distributed, and/or changed the contents of digital data. Therefore we need a technique that can deal with these issues, especially matters related to copyright label. One technique that can be used is the watermarking. Watermarking is a technique to hide or inserting data or information (Watermark Image) within the main digital data called host image, with some certain purposes. There are two types of watermarking, visible watermarking and invisible watermarking. In this final project, the kind of watermarking that we used is invisible watermarking, where the result from watermarking process does not giving the presence known by the human senses and able to deal with the processes of digital signal processing to some extent. Digital image processing in watermarking can be done in the spacial domain and frequency domain.

In this final project has been designed based watermarking android. Android is an operating system based Linux for cell phone. While the digital image processing using frequency domain, where the pixels are transformed into the frequency domain using the Discrete Wavelet Transform (DWT).

From the research, producing performance imperceptibility watermarking systems are good views of the value of MSE and PSNR. The highest PSNR value which result from this system is around 48,13 and MSE value 0,1 in host image Mawar512.bmp with logo image which inserted size 16x16 pixel However, the time watermarking embedding process on systems with host size 512x512 pixel image takes 3 times longer than the time of the insertion system on a small image host is 1347 milliseconds, while the image size of 256x256 pixels host takes 445milisecond.Keyword: watermarking, copyright label, discrete wavelet transform, android

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CITRA DIGITAL WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rita Ayu Wandira
Perorangan
Bambang Hidayat, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini