Perancangan dan implementasi antena array MIMO 2 x 2 mikrostrip Patch rectangular single band pada perangkat CPE (costumer premises equipment) dengan frekuensi kerja 2,3 GHz

Rangga Fandyka Dahlan

Informasi Dasar

111090100
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, perangkat telekomunikasi nirkabel (wireless) mengalami perkembangan yang signifikan pada tiap bagianya. Salah satu perangkat telekomunikasi yang mengalami perkembangan signifikan adalah costumer premises equipment (CPE), khususnya pada teknologi wimax. CPE adalah perangkat yang terletak pada user terminal dan sekaligus menjadi penghubung antara user dengan provider. Untuk mengimbangi perkembangan teknologi CPE dan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi teknologi wimax maka dibutuhkan sebuah antena dengan bit rate yang baik dan bandwidth yang lebar. Oleh karena itu, sistem antena yang memenuhi kebutuhan teknologi wimax adalah MIMO (Multiple Input Mutiple Output).

Pada tugas akhir ini, dirancang antena MIMO dengan dua elemen dimana tiap elemen antena dilakukan array. Antena array memiliki tujuan untuk mendapatkan peningkatkan gain yang diinginkan. Penentuan letak antena dan power devider akan mempengaruhi hasil pola radiasi dan polarisasi antena. Selain itu pada tugas akhir ini, digunakan teknik pencatuan antena transmission line dan patch rectangular array yang dapat menghasilkan polarisasi sirkular dengan menggunakan power devider quadrature hybrid. Optimalisasi return loss dan VSWR pada antena realisasi dilakukan dengan cara menambahkan lempeng logam yang bersifat kompensator (pengurang nilai reaktansi) pada stripline input.

Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah rancangan dan realisasi dari dua buah antena mikrostrip untuk MIMO dengan bentuk patch rectangular yang bekerja pada frekuensi 2,3 GHz, bandwidth sebesar 20 MHz untuk VSWR ≤ 1,5, dan return loss ≤ -9,54 dB. Pola radiasi yang dihasilkan mengarah ke segala arah (omnidirectional) yang bertujuan untuk fleksibilitas gerak pengguna dalam menggunakan perangkat CPE tersebut. Selain itu, polarisasi antena yang dirancang adalah polarisasi sirkular.

Kata Kunci : MIMO, Quadrature Hybrid, VSWR, Pola radiasi, Polarisasi, ReturnABSTRACT: In this time, wireless telecommunication device has been developed with fast growth for each part system. Which one of telecommunication device has fast growth is costumer premises equipment (CPE), especially for wimax technology. CPE is device where located at user terminal and be a liaison between user and provider. For balancing development of CPE technology and satisfy necessary for wimax technology then we need antenna with high bit rate data and wide bandwidth. Therefore, system that satisfy neccessary wimax technology is MIMO (Multiple Input Mutiple Output).

In this final project, i am design MIMO antenna with two element where each element is array antenna. Array antenna have purpose to improve gain antenna. Determination of position antenna and power devider will influence the result form pattern radiation and polarization antenna. Furthermore in this final project, antenna using transmission line technique for feed line and array patch rectangular that will be circular polarization with using power devider quadrature hybrid. Optimalization return loss and VSWR in antenna realization do with add metal plate with compensator characteristic (decrease reactance value) on stripline input.

Result obtained from this final project is design and realization from two microstrip MIMO antenna with rectangular patch that work in frequency 2,3 GHz, wide bandwidth 20 MHz for VSWR ≤ 1,5, and return loss ≤ -9,54 dB. Pattern radiation is omnidirectional to purpose user flexibility movement in use CPE device. Furthermore, antenna polarization that our design is circular polarization.Keyword: MIMO, Quadrature Hybrid, VSWR, Pattern radiation, Polarization,

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan implementasi antena array MIMO 2 x 2 mikrostrip Patch rectangular single band pada perangkat CPE (costumer premises equipment) dengan frekuensi kerja 2,3 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rangga Fandyka Dahlan
Perorangan
Heroe Wijanto, Dr. Rina Pudji Auti.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini