PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA REFLEKTOR PARABOLA DENGAN FEED POINT HELIKS UNTUK STASIUN BUMI SATELIT NANO IINUSAT-1

ARIEF HIDAYATULLAH

Informasi Dasar

111090101
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Nanosatellite merupakan satelit berukuran kecil dengan bobot tidak lebih dari sepuluh kg dan memiliki fungsi tertentu. Nanosatellite Iinusat-1(Indonesia Inter University Satellite) yang sedang dikembangkan oleh IT Telkom dan enam institusi lainnya mengorbit pada orbit LEO dengan ketinggian 700 km. Setiap universitas mengerjakan subsistem tertentu dan IT TELKOM mendapat bagian RSPL (Remote Sensing Payload). Pada RSPL untuk mengirim data ke stasiun bumi menggunakan frekuensi 2,425 GHz. Kemampuan melakukan tracking, menangkap sinyal telemetri, mengirim sinyal komando dan penerimaan sinyal data dari satelit merupakan sesuatu yang harus dilakukan dalam pengoperasian stasiun bumi. Untuk itu diperlukan antena sebagai alat penerima gelombang elektromagnetik yang akan mendukung sistem tracking dan penerimaan sinyal dari satelit.

Antena yang akan dibuat dalam tugas akhir ini yaitu antena reflektor parabola dengan feed point heliks yang berfungsi untuk menerima gelombang elektromagnetik dalam penerimaan data dari satelit. Antena parabola dipilih karena jarak antara stasiun bumi dengan satelit yang cukup jauh (kurang lebih 700 km) sehingga dibutuhkan gain yang tinggi dan antena helik digunakan agar polarisasi antena sirkular. Dalam perancangan antena ini akan dilakukan perhitungan-perhitungan dengan parameter – parameter tertentu dan disimulasikan menggunakan software.

Hasil akhir yang diperoleh pada Tugas Akhir ini adalah VSWR antena <1.5 pada frekuensi 2.4-2.45 GHz dan bandwidth antena menjadi lebih lebar yaitu 700 MHz. Antena memiliki polarisasi sirkular dan gain sebesar 29.8 dBi.Kata Kunci : Iinusat-1, Reflektor Parabola, Antena Heliks, Stasiun BumiABSTRACT: Nanosatellite is a small satellite with the weight no more than 10 kg and has a specific function. Iinusat-1 (Indonesia Inter University Satellite) that is being developed by Telkom and six other institutions in orbit LEO orbit with an altitude of 700km. Each university working on a particular subsystem and IT TELKOM inherit the RSPL (Remote Sensing Payload). Transfer data to ground station is using frequency of 2.425 GHz.The ability to tracking, telemetry signal capture, send command signals and data reception from the satellite signal is something that should be done in the control of the operation of the earth station.It required the antenna as an electromagnetic wave receiver that will support the tracking system and receiving signals from satellites.

Antennas that has been made in this thesis is the parabolic reflector antenna with helical feed point which serves to receive the electromagnetic waves from satellite receptiondata.Parabolic antenna chosen because the distance between the satellite and the earth station is quite far (approximately 700km) so it takes a high gain antenna and helix used in order circularly polarized antenna. In the design of this antenna performed calculations with specific parameters and simulation using CST software.

The final results obtained in this final is the antenna VSWR <1.5 at 2.4-2.45 GHz frequency and bandwidth of the antenna becomes wider which is 700 MHz. Antena has circular polarization and antenna gain is 29.8 dBi.Keyword: Parabolic Reflectors, Helical Antenna, Earth Station, Iinusat-1

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA REFLEKTOR PARABOLA DENGAN FEED POINT HELIKS UNTUK STASIUN BUMI SATELIT NANO IINUSAT-1
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF HIDAYATULLAH
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Agus Dwi Prasetyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini