SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI PROTOKOL ROUTING BERBASIS POSISI: GPSR DAN GYTAR UNTUK INTER VEHICLE COMMUNICATION PADA VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET)

IRMA NURLITA DEWI

Informasi Dasar

111090125
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Vehicular Ad hoc Network (VANET) merupakan konsep subset dari Mobile Ad-Hoc Networks(MANET) sebagai teknologi yang memungkinkan komunikasi Inter Vehicle Communication (IVC) dan atau Roadside-to-Vehicle (RVC). VANET dikarakteristikkan dengan membangun jaringan ad hoc yang dibentuk dari node-node berupa kendaraan bermobilitas tinggi yang dibatasi dengan aturan lalu lintas sehingga pergerakannya disesuaikan dengan pola tertentu—tidak seperti MANET yang pergerakannya bisa random tanpa ada batasan. VANET pun lebih dinamis dan kompleks mengingat banyaknya rute berbeda yang bisa dilalui pengendara dengan kecepatan dan perilaku yang berbeda pula. Dengan demikian, protokol routing konvensional berbasis topologi pada MANET dinilai tidak cocok untuk VANET. Protokol routing berbasis posisi sepeti GPSRdanGyTARdinilai cocok untuk VANET. Hal ini tak lain karena aspek dinamika topologi pada VANET yang dapat berdampak nyata pada analisis protokol routing.

Tugas akhir inimenganalisis perbandingan kinerja protokol-protokol routing berbasis posisi—Greedy Perimeter Stateless Routing (GPSR) dan Greedy Traffic Aware Routing (GyTAR)—dengan duaskenario simulasi, yakni lingkungan perkotaan dan jalan tol.Simulasi ini dilakukan dengan menggunakan NS-2 yang dilengkapi tool VanSimFM yang memfasilitasi sebuah model mobilitas real untuk simulasi VANET yang dijalankan di atas micro-traffic simulator SUMO. Adapun metrik performasi yang diukur end-to-end delay, packet delivery ratio, packet loss, dan normalized routing overhead.

Dari hasil simulasi diperoleh bahwa GyTAR unggul pada skenario lingkungan perkotaan dilihat dari seluruh parameter end-to-end delay, packet delivery ratio, packet loss dan normalized routing overhead yang lebih baik dari GPSR dengan rata-rata nilai masing-masing, yakni 2,294ms, 0,958, 4,19%, dan 0,482. Sementara pada skenario lingkungan jalan tol GPSR lebih unggul dibandingkan GyTARdengan rata-rata nilai end-to-end delay, packet delivery ratio, dan packet loss sebesar 2,639ms, 0,920, dan 7,923%; namundengan perolehan NRO yang lebih kecil oleh GyTAR, yakni sebesar 1,725.Kata Kunci : VANET, GPSR, GyTAR, IVC, NS-2, SUMOABSTRACT: Vehicular Ad hoc Network (VANET) is a subset concept of Mobile Ad-Hoc Networks(MANET) that provides Inter Vehicle Communication(IVC) and orRoadside-to-Vehicle Communication (RVC). VANET is characterized by the ad hoc network infrastructure from highly dynamic vehicular nodes that move on predefined roads and traffic sign—unlike MANET that can move around randomly with no boundaries. Compare with MANET, VANET has higher node mobility and more complex pattern since the speed and behavior of driver are varied. Thus, the conventional topology-based routing protocols are no longer efficient for VANET. Position-based routing protocols like GPSR and GyTARare more suitable for VANET. This is because these routing protocols can affect significantly to the highly dynamic nature of vehicular nodes.

This final project evaluates the comparative performance of position-based routing protocols—Greedy Perimeter Stateless Routing (GPSR) and Greedy Traffic Aware Routing (GyTAR)—for two environmental scenarios: urban and highway. This simulation is done using NS-2together with tool namely VanSimFMthat allows users to rapidly generate realistic mobility models for VANET simulations which built on top of a micro-traffic SUMO. Metric performances measured are end-to-end delay, packet delivery ratio, packet loss, and normalized routing overhead.

From the simulation result obtained that GyTARoutperforms GPSR in urban scenario for all performance metrics: end-to-end delay, packet delivery ratio, packet loss and normalized routing overhead better than GPSR, which its value respectively are 22,294ms, 0,958, 4,19%, dan 0,482. While in highway scneario, GPSR outperforms GyTAR with average value of end-to-end delay, packet delivery ratio, and packet loss respectively are2,639ms, 0,920, dan 7,923%; but posing less NRO of 1,725 by GyTAR.Keyword: VANET, GPSR, GyTAR, IVC, NS-2, SUMO

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI PROTOKOL ROUTING BERBASIS POSISI: GPSR DAN GYTAR UNTUK INTER VEHICLE COMMUNICATION PADA VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRMA NURLITA DEWI
Perorangan
Rendy Munadi , Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini