Perancangan Aplikasi Capture Gambar Dalam Posisi Diam Dengan Metoda Frame Difference Berbasiskan Android

Wahyuni Eka Putri

Informasi Dasar

111090195
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam dunia fotografi ada beberapa hal yang dinilai untuk menentukan sebuah citra termasuk kedalam kategori bagus. Salah satu diantaranya adalah tingkat ketajaman dari sebuah citra tersebut. Semakin tajam suatu kamera tersebut menangkap suatu citra maka kamera tersebut semakin bagus. Ketajaman suatu kamera dalam menangkap citra tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya objek yang ditangkap, keadaan kamera yang di gunakan untuk menangkap citra, lingkungan dan masih banyak lagi. Apabila kualitas kamera tersebut sudah baik akan tetapi objek yang ditangkap tidak dalam posisi diam maka citra yang didapatkan akan blur. Selain itu apabila objek yang akan di-capture sudah dalam posisi diam akan tetapi kamera masih bergerak maka hasil yang akan didapatkan juga akan memiliki tingkat ketajaman gambar yang kurang baik. Sehingga agar citra yang dihasilkan maksimal maka selain dari kamera itu sendiri, pengaruh lingkungan juga harus diperhatian. Kendala inilah yang mendorong penulis untuk menyusun tugas akhir ini.
Pada tugas akhir ini, dirancang sebuah aplikasi berbasis android dapat melakukan pengambilan gambar secara otomatis menggunakan metoda motion detection dengan menggunakan algoritma frame difference, metode yang dapat mendeteksi perubahan gerak dengan membandingkan perubahan frame, yang bernama FreezeCam. FreezeCam Ini sebuah aplikasi capture gambar berbasiskan android yang akan mengambil gambar ketika objek sudah dalam posisi diam. Sistem kerja aplikasi ini yaitu dengan cara membandingkan perubahan yang terjadi antara frame ke-n dan frame ke-(n+1) dengan threshold perubahan yang telah ditentukan sebelumnya. Apabila perubahan frame-nya kurang dari threshold perubahan frame yang telah ditentukan maka kamera tersebut akan segera meng-capture objek tersebut secara otomatis.
Dalam pengujiannya aplikasi ini menggunakan tiga parameter. Pertama adalah jarak antara objek dan kamera, lalu yang kedua adalah intensitas cahaya, dan yang terakhir adalah threshold yang digunakan. Akurasi terbaik pada saat pengujian pertama dan kedua adalah 100%, yaitu ketika jaraknya 120cm, pada saat siang hari dan pada saat malam hari menggunakan flash. Dan pada saat percobaan ketiga, akurasi terbaiknya adalah 80%, yaitu ketika threshold yang digunakan 1.5%. Tingkat akurasi sistem ini secara keseluruhan adalah 71.665%
Kata Kunci : frame difference, android, kamera otomatis, motion detectionABSTRACT: In photography there are a few things can determined if digital image is a good captured. One of them is sharpness level. Higher level means that the camera has a good specification to capture an image. Sharpness level of camera also be affected by this following situation such as an image which being captured, camera’s ability, surrounding situation and many more. If the quality of camera is good but the object being captured not in steady state, the result will not have a high sharpness level. In the other hand if camera not in steady state while an image ready to capture, it also will not has a good result. So that if we want a good result, beside condition of the camera, surrounding situation influence must be considered. This problem motivates the writer to make this final project.
In this final project the writer build an application based on android which could automatically captured an image using motion detection method in frame difference algorithm, a method that can detect movement changed with compare frame difference named FreezeCam. FreezeCam is an application to capture image based on android which will automatically capture an image when it in steady state. Work system of this application is compare changed between n frame and (n+1) frame with threshold score which being determined before. If frame difference less then threshold score, the camera will automatically capture that object.
The experiment of this system uses three parameters. First is the distance between object and camera, second is light intensity, and the last is threshold. The best accuracy of the first and second parameter is 100%, which is 120cm, at the afternoon and at the night with flash. And the third parameter has it best accuracy on 80%, which is1.5%. The accuracy of this system is 71.665%.
Keyword: frame difference, android, automatic camera, motion detection

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Capture Gambar Dalam Posisi Diam Dengan Metoda Frame Difference Berbasiskan Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wahyuni Eka Putri
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini