PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP SUSUNAN 8 ELEMEN PERSEGI UNTUK APLIKASI WIMAX PADA FREKUENSI 2.5 GHZ

FERNANDO SARAGIH

Informasi Dasar

111090207
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access ( WIMAX) telah diterapkan dalam berbagai layanan telekomunikasi. Untuk mendukung penyediaan berbagai jenis layanan telekomunikasi tersebut dibutuhkan antenna yang memiliki keunggulan terutama pada rancangan antenanya. Salah satu contoh antenna yang memiliki keunggulan dalam rancangannya adalah antenna mikrostrip. Antena mikrostrip dipilih karena antena ini memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah bentuknya yang kecil, ringan, dan sederhana dalam pembuatan. Dalam hal ini jenis antenna mikrostrip yang akan direalisasikan adalah antenna mikrostrip patch segiempat.

Tugas akhir ini dimulai dengan menghitung dimensi antena sesuai rumus yang ada. Dimensi hasil perhitungan akan digunakan pada proses simulasi. Modifikasi dimensi antena digunakan sebagai cara untuk mendapatkan hasil yang optimum dalam simulasi, kemudian dimensi optimum tersebut digunakan dalam proses pabrikasi. Lalu setelah dipabrikasi, antena yang diperoleh, diukur langsung untuk mendapatkan hasil parameter – parameter seperti VSWR, polarisasi, pola radiasi, gain dan bandwidth. Kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan dianalisis.

Pada tugas akhir ini telah berhasil dibuat antena mikrostrip yang memiliki gain 8,329 dBi, bandwidth 131,5 MHz pada vswr ≤ 2 dengan frekuensi kerja 2,5 GHz. Dengan menggunakan metode susunan 8 elemen , antena ini menghasilkan bandwidth yang cukup lebar untuk dapat diaplikasikan dalam teknologi WIMAX.Kata Kunci : Antena mikrostrip, mikrostrip patch segiempat, WIMAXABSTRACT: Nowadays Worldwide Interoperabilty for Microwave Access (WIMAX) has been used in many telecomunication services. To support that services, it is needed tu use antenna which has a lof of eminence especially in it’s design. One of them is microstrip antenna. Microstrip antenna has a lot of advantage, such as it has a thin design, small, light, and simple construction. In this case, it will made a microstrip antenna patch square.

This final project begins with calculating the dimension of antenna using function that define antenna dimension. The calculation result will be the input of simualation. The best result of some modification on antenna simulation will be use as dimension value on antenna fabrication. After fabrication, VSWR, polarizaton, gain, bandwidth will be calculated. The result of calculation will be analyzed.

In this final project has sucessfully created a microstrip antenna which has 8,329 dBi gain, 131,5 MHz bandwidth at VSWR ≤ 2 with working frequency in 2,5 GHz. By using 8 array method, this antenna produces a large bandwidth enough which is can apply on WIMAX technology.Keyword: Microstrip Slot Antenna, Patch Square, WIMAX

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP SUSUNAN 8 ELEMEN PERSEGI UNTUK APLIKASI WIMAX PADA FREKUENSI 2.5 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERNANDO SARAGIH
Perorangan
BUDY PRASETYA,,MT, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini