ABSTRAKSI: Peningkatan jumlah kendaraan dari tahun ke tahun menyebabkan peningkatan kepadatan di tiap persimpangan jalan. Hal ini akhirnya menjadi kendala dalam pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan yang rawan kemacetan. Selama ini, sistem pengaturan lampu lalu lintas di tiap persimpangan jalan yang umum digunakan adalah Fixed Time Traffic Light Controller dimana bekerja dalam waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Namun metode ini masih belum bisa mengatasi kemacetan dan permasalahan lalu lintas lainnya yang terjadi di persimpangan. Sehingga perlu adanya sebuah sistem yang mampu mengatur arus lalu lintas secara adaptif.
Dalam tugas akhir ini, dikembangkan sebuah sistem pengaturan lampu lalu lintas yang adaptif dengan mendeteksi jumlah kendaraan di t iap ruas jalan di persimpangan empat ruas jalan menggunakan pengolahan citra digital . Data masukan diambil dari tiap ruas jalan dengan menggunakan kamera. Kemudian data diproses dalam komputer melalui prosespre-processing. Pendeteksian jumlah kendaraan dengan pengolahan citra digital dilakukan dengan metode background subtraction. Software yang digunakan adalah MATLAB .
Dari simulasi dan pengujian didapatkan rata - rata akurasi sistem pendeteksian jumlah kendaraan da ri kondisi pagi hari hingga sore hari adalah sebesar 73,78 %. Pada saat kondisi sore hari akurasi sistem paling baik dibandingkan dengan waktu pagi dan siang harinya yaitu sebesar 86 %. Sistem detektor jumlah kendaraan masih belum dikatakan baik karena aku rasi yang rendah pada waktu tertentu sehingga belum dapat diimplementasikan akan tetapi sistem pengaturan lampu lalu lintas yang dirancang mampu bekerja lebih optimal jika dibandingkan dengan lampu lalu lintas konvensional untuk kondisi ruas jalan yang tid ak terlalu ramai.Kata Kunci : lampu lalu lintas, pengolahan citra digital, background substractionABSTRACT: An increasing number of vehicles over the years led to an incre ase in density at each fork in t he road . It is ultimately an obstacle to traffic control at the intersection of jam - prone road . During this time, the system settings in every traffic light crossroads commonly used is Fixed Time Traffic Light Controller which works within the time set i n advance . However, this method still can not cope with the traffic congestion and other problems that occur at intersections . So the need for a system that is able to r egulate traffic flow adaptively
The final project will developed a traffic light con trol system is adaptive to detect the number of vehicles in each road segment at the junction of four roads using digital image processing . Data input is taken from each road segment by using a camera . Then the data is processed in the computer through th e process of pre - processing . Detection of the number of vehicles with digital image processing is done by the method of background subtraction . Softwa re used is MATLAB
Obtained from the simulation and testing of the average number of vehicle detectio n system accuracy is 73,78 %. At the afternoon conditions , the system accuracy is better than the morning and daylight conditions with the value of system accuracy is 86 % . This system is still not quite good because the accuracy is low in the certain tim e so it still can not be implemented but the traffic light control system designed is able to work optimally when compared to conventional traffic light for road conditions are not too crowd.Keyword: digital image processing, background subtraction, traffic light