PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP MIMO 4x4 DUAL BAND (2,4 GHz & 5,8 GHz) BENTUK FRAKTAL SIERPINSKI CARPET UNTUK APLIKASI WLAN DAN WiMAX

Nico Hammady Fajri

Informasi Dasar

111090252
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan jaman yang terus berkembang, teknologi telekomunikasi juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kebutuhan akan komunikasi data yang cepat, handal, dan dapat diakses di mana saja menjadi semakin besar. Teknologi komunikasi nirkabel yang dapat dijadikan solusi adalah WLAN dan WiMAX. Untuk mendukung kedua teknologi tersebut diperlukan salah satu perangkat yang ada pada sistem komunikasi yaitu antena. Agar performansinya lebih baik dan bersifat multifungsi, maka digunakan sistem antena Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) dual band.
Pada Tugas Akhir ini dibahas tentang pembuatan antena mikrostrip MIMO 4x4 bentuk fraktal Sierpinski Carpet untuk aplikasi WLAN dan WiMAX pada frekuensi 2400 – 2483,5 MHz dan 5730 – 5830 MHz. Perancangan dan simulasi dilakukan pada software CST 2010. Setelah disimulasikan dan hasilnya sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, kemudian dibuat prototypenya dan dilakukan pengukuran secara langsung. Dari hasil pengukuran akan didapatkan parameter-parameter yang diperlukan. Terakhir dilakukan analisis terhadap perbandingan antara hasil simulasi dengan hasil pengukuran langsung.
Hasil yang diperoleh pada Tugas Akhir ini adalah antena mikrostrip MIMO 4x4 bentuk fraktal Sierpinski Carpet yang bekerja pada frekuensi 2400 – 2483,5 MHz dan 5730 – 5830 MHz. Antena ini mempunyai VSWR ≤ 2, gain ≥ 6 dBi, pola radiasi unidireksional, polarisasi elips, dan coupling ≤ -20 dB.
Kata Kunci : antena mikrostrip, fraktal Sierpinski Carpet, MIMO, WLAN, WiMAXABSTRACT: Along with the growing era, telecommunication technologies also continue to develop over the time. The need for data communications that are fast, reliable, and can be accessed anywhere become larger. Wireless communication technology that can be used as is WLAN and WiMAX solutions. To support both of these technologies required one of the existing devices on the communications system, it is antenna. So that its performance is better and multifunctional, the antenna system used Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) dual band.
In this Final Project discussed about making a 4x4 MIMO microstrip antenna Sierpinski Carpet fractal shaped for WLAN and WiMAX applications at frequencies 2400 - 2483.5 MHz and 5730 – 5830 MHz. Design and simulation of antenna is done in CST 2010 software. After it is simulated and the results are in accordance with the specification, then we make a prototype and measure it directly. From the measurement results will be obtained the necessary parameters. The latter will do an analysis of the comparison between the simulation results and the measurement results.
The results obtained in this Final Project is a 4x4 MIMO microstrip antenna Sierpinski Carpet fractal shaped that works at a frequency of 2400 - 2483.5 MHz and 5730 - 5830 MHz. This antenna has a VSWR ≤ 2, gain ≥ 6 dBi, unidirectional radiation pattern, elliptic polarization, and coupling ≤ -20 dB.
Keyword: microstrip antenna, Sierpinski Carpet fractal, MIMO, WLAN, WiMAX

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP MIMO 4x4 DUAL BAND (2,4 GHz & 5,8 GHz) BENTUK FRAKTAL SIERPINSKI CARPET UNTUK APLIKASI WLAN DAN WiMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nico Hammady Fajri
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini